EVALUASI OPTIMALISASI TIME SCHEDULE PADA PROYEK REVITALISASI SMA NEGERI 2 PLUS PANYABUNGAN DENGAN METODE PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM)

Wendi Fandriansyah, Ahmad Bima Nusa

Abstract


Manajemen proyek merupakan salah satu hal yang sangat fundamental dalam pelaksanaan  sebuah proyek kontruksi. Maka dari itu pentingnya menjaga biaya, waktu dan mutu agar sesuai dengan rencana. Dalam manajemen waktu penjadwalan yang baik merupakan kunci  sukses terlaksananya sebuah proyek. Sesuai dengan pengamatan yang dilakukan pada proyek Revitalisasi SMA negeri 2 plus panyabungan. Peneliti melakukan evaluasi optimalisasi time schedule dengan menggunakan metode Precedence Diagram Method (PDM) dan dibantu oleh software penjadwalan yakni, Microsoft Project. Perhitungan tenaga kerja dan durasi masing-masing pekerjaan setelah dilakukan work breakdown structure sangat berpengaruh dalam hal ini. Hasil durasi yang didapatkan setelah dilakukan  optimalisasi adalah 133 hari dan terdapat 29 pekerjaan yang berada pada lintasan kritis. Dimana jadwal rencana dari proyek ini berdurasi 147 hari dan memiliki 26 pekerjaan pada  lintasan kritis. Penjadwalan ulang yang dilakukan sangat memberikan dampak dengan membuat jadwal yang lebih detail dan juga mengaitkan hubungan ketergantungan tiap pekerjaan sehingga menjadi lebih terstruktur dan meminimalisir pekerjaan yang tertinggal.


Keywords


Manajemen Proyek; Penjadwalan; Precedence Diagram Method

Full Text:

PDF

References


] Abrar Husen. Manajemen Proyek. Penerbit Andi. 2011.

] Ervianto, W. I. Manajemen Proyek Konstruksi. Penerbit Andi. Fardila, 2005.

] Febriana, W., & Aziz, U. A. Analisis Penjadwalan Proyek Dengan Metode PERT Menggunakan Microsoft Project 2016. Jurnal Ilmu Teknik Sipil Surya Beton, 5(1), 37–45. 2021.

] Kiswati, S., & Chasanah, U. Analisis Konsultan Manajemen Konstruksi Terhadap Penerapan Manajemen Waktu Pada Pembangunan Rumah Sakit Di Jawa Tengah. Neo Teknika, 5(1). 2019.

] Kustamar, P, E. H., & Nurcahyo, D. F. Analisis Waktu Pengendalian Proyek Pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Di Kota Pasuruan Jawa Timur. Jurnal Info Manajemen Proyek, 3, 1–12. 2012.

] Pastiarsa, M. Manajemen Proyek Kontruksi Bangunan Industri. Penerbit Teknosain. 2015.

] Pratiwi, R., & Bangabua, C. A. F. Optimalisasi Waktu dan Biaya Mengguakan Time Cost Trade Off Method (TCTO) dan Precedence Diagram Method (PDM) Pada Pembangunan Drainase Jalan Tol KM. 35 Balikpapan- Samarinda. Jurnal Teknik Sipil Universitas Balikpapan, 3. 2020.

] Prianto, W., & Nikko, R. Jurnal Konstruksi. CIREBON Jurnal Konstruksi, 7(2), 2085–8744. 2020.

] Rani, H. A. Manajemen Proyek Konstruksi, Edisi I. Penerbit Deepublish. 2016.

] Soeharto, I. W. Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional). Penerbit Erlangga. 1999.

] Widiasanti, I., & Lenggogeni. Manajemen Kontruksi. PT. Remaja Rosdakarya. 2013.

] Winda Larasati Ramadhani, & Tuti Sumarningsih. Percepatan Jadwal Dengan Sistem Shift Menggunakan Analisa PDM (Precedence Diagramming Method). Jurnal Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia. 2018.

] Yulianto, A. Optimasi Penjadwalan Proyek Menggunakan CPM Dengan Algoritma Genetika Pada Studi Kasus Proyek Pembangunan Laboratorium Ekonomi Ubhara Surabaya. Extrapolasi Jurnal Teknik Sipil Untag Surabaya, 06(02), 45–56. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.