EVALUASI SALURAN DRAINASE PADA JALAN MEKATANI MERENDAL PASAR VII KECAMATAN PATUMBAK KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA

Ricky Jonathan Larosa, Ahmad Bima Nusa

Abstract


Sistem drainase yang merupakan salah satu infrastruktur yang perlu di perhatikan untuk mengurangi air yang berlebih yang disebabkan oleh hujan sehingga terjadi genangan. Oleh karena itu akan melakukan pengkajian salah satu daerah yang sering terjadi genangan di Marendal Pasar VII, jalan Mekatani, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode mononobe. Penelitian ini dilakukan dengan cara menghitung kapasitas saluran drainase, selanjutnya hasil yang didapat akan dibandingkkan dengan debit rencana yang diperoleh. Dari hasil evaluasi saluran drainase yang diperoleh, maka di dapatkan maka bahwa keempat saluran eksisting tidak mampu menampung debit rencana. Maka perlu melakukan perencanaa ulang saluran eksisting dengan menambahkan lebar serta tinggi saluran, maka debit rencana ulang didapatkan sebesar = 4,045 m3/det lebih besar dari debit banjir rencana = 1,994 m3/det. Sehingga dapat disimpulkan bahawa kapasitas rencana ulang aman untuk digunakan.


Keywords


Drainase; Debit; Hujan; Saluran Eksisting

Full Text:

PDF

References


. Acmad Maulidin, 2016, Evaluasi Kapasitas Tampung Saluran DrainaseKawasan Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia.

. Dimitri Fairizi, 2015, Analisis dan Evaluasi Saluran Drainase Pada Kawasan Perumnas Talang Kelapa di subDAS Lambidaro, Kota Palembang.

. H.A Halim Hasmar, 2011, Drainase, Drainase Perkotaan, UI/I Press, Yogyakarta

. Kreshna Eka Madani Agung Titah, 2013, Evaluasi Saluran Drainase Pada jalan Pasar I Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang.

. Suhardjono, 2013, Naskah Buku Ajar Drainase Perkotaan. Malang: Universitas Brawijaya.

. Suripin, 2014. Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan, Andi Offset, Yogyakarta.

. Triadmojo. B, 1995, Hidrolika II. Yogyakarta, Beta Offset Wasmarini.

. Wesli, 2008, Drainase Perkotaan, Graha Ilmu, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.