ANALISIS KEBUTUHAN AIR IRIGASI DI SALURAN SEKUNDER 5 DENGAN LUAS AREAL 584 Ha DAERAH IRIGASI SEI ULAR WILAYAH BULUH DESA SEI BULUH KECAMATAN TELUK MENGKUDU KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Awaluddin Awaluddin, Anisah Lukman, Ahmad Bima Nusa

Abstract


Daerah irigasi Sei Ular, Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, dan Kabupaten Serdang Bedagai adalah tempat dimana saluran sekunder 5 dapat ditemukan. Saluran sekunder 5 memiliki panjang total 960 meter. Dengan debit 639,1 liter/detik, saluransekunder 5 yang saatinidialiri air dengan luas 584 Ha. Penelitian ini dilakukan guna untuk menentukan besarnya ketersediaan dan kebutuhan air di saluran sekunder 5 Daerah Irigasi Sei Ular Wilayah Buluh Desa Sei Buluh Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan pengelolaan dokumen. Jenis dan sumber data adalah data sekunder. Data-data dianalisis dengan memanfaatkan metode F.J. Mock digunakan untuk data-data yang berkaitan dengan ketersediaan dan kebutuhan air irigasi berupa data curah hujan dengan pendekatan neraca air (water balance). Sementara pendekatan FAO Modified  Penman digunakan untuk memeriksa data iklim. Persiapan lahan, penggunaan konsumtif, rembesan dan perkolasi, pergantian lapisan air, dan curah hujan efektif adalah faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah air yang dibutuhkan untuk irigasi.Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakkukan maka dapat disimpulkan bahwa ketersediaan air irigasi yang didapatkan adalah sebesar 639 liter/detik.Kebutuhan Air Irigasi (KAI) di saluran sekunder 5 terbagi atas tiga pola tanam yaitu padi I – padi II – palawijaya. Kebutuhan Air Irigasi (KAI) pada pola tanam padi I sebesar 484,9 liter/detik, pada pola tanam padi II sebesar 485,7 liter/detik dan pada polatanam pala wijaya sebesar 609,4 liter/detik. Ketika tanaman padi membutuhkan air paling banyak (selama persiapan lahan), perencanaan irigasi untuk kebutuhan air dapat dibuat, dan tanaman palawija dibuat ketika membutuhkan air paling sedikit.


Keywords


Ketersediaan; Kebutuhan; Air Irigasi

Full Text:

PDF

References


. Ardana, P. D. H., Sudika dan Suardika. 2019. Analisis Kebutuhan Air Irigasi di Daerah Irigasi (DI) Tengkulak Mawang pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Petani di Kabupaten Gianyar. Jurnal Teknik Universitas Ngurah Rai. 11(2): 65-79.

. BPS Kabupaten Serdang Bedagai. 2019. Kabupaten Serdang Bedagaidalam Angka. Serdang Bedagai: BPS Kabupaten Serdang Bedagai.

. Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. 2010. Standar Perencanaan Irigasi Kriteria Perencanaan Bagian Jaringan Irigasi Kp-01. Jakarta: Kementerian PekerjaanUmum.

. Dwiwana, Leni, Nurhayati, dan Umar. 2014. Analisa Ketersediaan dan Kebutuhan Air Irigasi di Daerah Irigasi Terdu. Jurnal Teknik Sipil Universitas Tanjung Pura. 215-223.

. Iqbal, M. Taufik, dan Zulvyah. 2018. Tinjauan Kebutuhan Air Irigasi Saluran Sekunder Taroang Daerah Irigasi Kelara. INTEK Jurnal Penelitian. 5(2): 88-93.

. Kartini Sari dan Budiawan Sulaeman. 2020.Analisis Kebutuhan Air Irigasi pada Jaringan Sekunder di Kota Palopo. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik. 5(2): 82-90.

. Martadi, Sri Rejeki, dan Subekti. 2021.Evaluasi Jaringan Sekunder Daerah Irigasi (D.I) Kenconegoro Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Jawa Tengah. Jurnal Reviews om Civil Engineering. 5(1):40-47.

. Priyonugroho, Anton. 2014. Analisis Kebutuhan Air Irigasi (Studi Kasus pada Daerah Irigasi Sungai Air Keban Daerah Kabupaten Empat Lawang). Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan. 2(3): 457-470.

. Sarifah, Jupriah. Rumillah Harahap dan Heru Damanik. 2021. Evaluasi Kinerja JaringanSaluranIrigasi Sei Belutu di Kecamatan Bamban Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Teknik Sipil UISU. ISBN: 978-623-7296-39-0: 69-76.

. Sudirman, Humaira Saidah, dkk. 2021. Sistem Irigasi dan Bangunan Air. Medan: Yayasan Kita Menulis.

. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. Widjatmoko dan Imam Soewadi. 2001. Irigasi. Semarang: Badan Penerbit Univesitas Diponegoro.

. Wijaksono, M.A. 2018. Analisis Ketersediaan Air dan Kebutuhan Air pada BendungPerjaya Sungai Komering. Skripsi Teknik Sipil Universitas Sriwijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.