ANALISIS KINERJA WAKTU DAN BIAYA PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG SEKOLAH MINGGU RESORT AEK KANOPAN KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE

Alma Jaya Dharma Putra Halawa, Ahmad Bima Nusa

Abstract


Dalam pengendalian biaya dan waktu pada suatu proyek sangat diperlukan agar suatu proyek mampu memperkirakan suatu biaya agar sesuai seperti yang direncanakan dan dapat menyelesaikan proyek dengan tepat waktu. Metode pengendalian waktu yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Earned Value Analysis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pada proyek Pembangunan Gedung Sekolah Minggu HKBP Resort Aek Kanopan Kabupaten Labuhan Batu Utara. Manfaat penelitian ini dapat menambah pengetahuan mengenai evaluasi kinerja dan pengendalian biaya dan waktu terhadap keuntungan bagi pemegang proyek. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka hasil dari kinerja waktu memiliki sisa waktu periode sama dengan akhir periode pelaporan maka estimasi waktu perkiraan jadwal penyelesaian (ETS) proyek sebesar 26 minggu, sehingga proyek selesai tepat waktu sesuai dengan rencana. Sedangkan waktu analisis kinerja biaya memiliki sisa biaya periode sama dengan akhir periode pelaporan maka estimasi biaya untuk menyelesesaikan proyek (EAC) sebesar Rp. 2.662.569.000,00, sehingga biaya yang dikeluarkan sesuai dengan anggaran yang direncanakan.


Keywords


Biaya; Waktu; Kinerja; Proyek

Full Text:

PDF

References


. F, Pahalawan. 2015. Analisa Konsep Nilai hasil (Earned Value Analysis), Surabaya.

. Kartikasari. 2012. Analisis Nilai Hasil Terhadap Waktu pada Proyek Konstruksi Studi Kasus pada Proyek Pembangunan Gedung Perkuliahan Fisipol Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

. Boer. A, & Kurniawan, W. 2017. Analisis Earned Value Waktu dan Biaya Proyek Konstruksi Jalan (Studi Kasus: Pelebaran Jalan Simpang Lago-Sorek I).

. Dkk, Soemardi. 2007. Analisis Metode Nilai Hasil Terhadap Biaya Dan Waktu.

. Degarmo. E. et al, Paul. 1984. Engineering Economy, Macmilan : New York.

. Dipohusodo, 1995. Manajemen Proyek Konstruksi, Yogyakarta.

. F. Ramdhani, 2016. Analisis biaya dan waktu dengan metodeearned value concept pada proyek BJDM area Rlconstruction at well3S-21B area 9 PT. Adhi Karya CS work unit rate Packagea–Duri.

. Hendrawan. B, & Wahyuni, E. 2018. Analisis Kinerja Proyek “Y” menggunakan Metode Earned Value Management, Palembang-Betung.

. Husen, Abrar, 2011. Manajemen Proyek. Perencanaan, Penjadwalan, & Pengendalian Proyek Edisi Revisi. Andi Offset. Yogyakarta.

. I.Juliantina, Susanti. B, Melisah, M. 2019. Penerapan Konsep Earned Value Pada Proyek Konstruksi Jalan Tol, Studi Kasus Ruas Jalan Tol Kayu agung, Palembang-Betung.

. Rahman. 2010. Earned value analysisterhadap biaya pada proyek pembangunan gedung (studi kasus proyek pembangunan gedung C fakultas MIPA), UNS.

. Soeharto. 1997. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional, Jakarta, Erlangga.

. Wulfram, Ervianto. 2004. Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi, Yogyakarta.

. Kadir. 2016. Analisis Hasil Terhadap Waktu Dan Biaya Pada Proyek Konstruksi, Universitas Hasanuddin.

. Lipke, Walter. 2003. Schedule is Different. The Measurable News. Sunset Hils Road, Suite 130 Reston, VA 20190.

. Nurhayati. 2010. Manajemen Proyek Graha Ilmu, Yogyakarta.

. Rani. 2016. Manajemen Proyek Konstruksi, Penerbit Deepublish, Yogyakarta.

. Reksohadiprodj, Sukanto. 1997. Manajemen Proyek Edisi 4, BPFE, Yogyakarta.

. Santoso. 2019. Manajemen Proyek Konsep Dan Implimentasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

. Syafriandi. Luthan. P.L.A & Syafriandi. 2005. Aplikasi Microsoft Project Untuk Penjadwalan Kerja Teknin Sipil, Andi : Yogyakarta.

. Umar. 2016. Analisa Biaya Dan Waktu Proyek Pembangunan Kantor Pelabuhan Pomala, Sulawesi Tenggara.

. Utomo. C, & Yomelda, Y. 2015. Analisa Earned Value Pada Proyek Pembangunan Vimala Hills Villa & Resort, Bogor.

. WirahadiKusumah. W, Soemardi, & Abduh M.R.D. 2006. Pengembangan sistem Earned Value untuk Pengelolaan Proyek Konstruksi di Indonesia. Laporan Hasil Riset, ITB, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.