ANALISIS PENJADWALAN STRUKTUR PROYEK GEDUNG RUMAH SAKIT BHAYANGKARA PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE CPM-PERT 2024

Ray Valdo Sidauruk, Ahmad Bima Nusa

Abstract


Dalam proses pembangunan proyek konstruksi, penjadwalan dan pengendalian biaya merupakan hal yang penting. Akan tetapi, dalam praktiknya sering kali terjadipenyimpangan dari rencana yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, langkah pencegahan diperlukan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk memulihkan tingkat kemajuan proyek adalah menggunakan metode penjadwalan CPM-PERT. Pendekatan ini berguna untuk mendapatkan informasi penting seperti lamanya waktu dan urutan pelaksanaan proyek, serta perkiraan waktu yang dibutuhkan. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Bhayangkara Pekanbaru Jl. Sudirman, Pekanbaru, Riau. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun jaringan kerja atau network proyek pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara Pekanbaru dan membandingkan lamanya pelaksanaan proyek yang direncanakan dengan menggunakan metode CPM-PERT. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif atau pengumpulan data eksperimental. Proses penelitian dilakukan dalam periode tiga hingga empat bulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara Pekanbaru dapat diselesaikan dalam waktu 77 hari menggunakan metode CPM dan 90 hari menggunakan metode PERT, sedangkan durasi awal planning proyek adalah 112 hari.


Keywords


Metode Manajemen CPM-PERT

Full Text:

PDF

References


] Dannyanti, Eka. 2010. Optimalisasi Pelaksanaan Proyek Dengan Metode PERT Dan CPM. Tugas Akhir. Universitas Diponegoro. Semarang.

] Angelin, A dan Ariyanti, S. 2018. Penjadwalan Proyek New Product Development Menggunakan Metode Pert Dan Cpm. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Vol. 6 No. 1, 63 – 70. Yogyakarta.

] Ekanugraha, A.R. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Proyek Dengan Metode CPM dan PERT. Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

] Fadhilah, C. T. 2018. Evaluasi Planning Dan Pengendalian Waktu Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Medan – Kuala Namu – Tebing Tiggi. Tugas Akhir. Universitas Medan Area. Medan.

] Husen, A. 2011. Manajemen Proyek. Andi Offset. Yogyakarta.

] Hayun, A. 2005. Planning Dan Pengendalian Proyek Dengan Metode PERT- CPM. Journal THE WINNERS.Vol. 6 No. 2, 155-174. DKI Jakarta.

] Lokajaya, I.N. 2019. Analisis Pengendalian Waktu Dan Biaya Pada Proyek Peningkatan Jalan Dengan Metode CPM dan PERT. Jurnal Teknik Industri. Vol. 16 No. 2:104-125. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.