EDUKASI PENCEGAHAN STUNTING PADA KADER KESEHATAN MELALUI PENERAPAN POLA ASUH PEMBERIAN MPASI BALITA DI KABUPATEN BATUBARA PROVINSI SUMATERA UTARA

Meri Susanti, Mayang Sari Ayu, Rahmad Setia Budi

Abstract


Latar Belakang.Bayi yang sehat dan cerdas merupak   an dambaan setiap orang tua. Namun   apabila pola asuh yang diberikan tidak adekuat dapat berdampak pada  tumbuh kembang anak. . Pola Asuh memiliki peranan penting dalam pencegahan stunting terutama dalam pemberian makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI) pada balita.Kasus stunting masih tinggi di Indonesia. Stunting merupakan masalah gagal tumbuh yang disebabkan karena kekurangan gizi kronis yang terjadi pada rentang waktu yang cukup lama sehingga menghambat tumbuh kembang anak.

Tujuan.Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para kader kesehatan dalam penerapan pola asuh untuk pencegahan stunting.

Metode.Kegiatan dilaberikan melalui metode ceramah yang interaktif, diskusi, dan role play melalui kasus-kasus yang banyak terjadi. Partisipan dalam kegiatan ini berjumlah 60 orang yang dipilih secara random dengan mewakili semua daerah kecamatan di Kabupaten Batubara Provinsi Sumatera Utara.

Kesimpulan. Kegiatan pemberian edukasi ini memiliki manfaat untuk meningkatkan pengetahuan para kader kesehatan dalam penerapan pola asuh untuk pencegahan stunting.


Keywords


Edukasi; Stunting; Pola Asuh; MPASI

Full Text:

PDF

References


. Al Rahmad AH, SKM M. Penggunaan aplikasi WHO Anthro dalam analisis status gizi. Ashriady (Ed.), Epidemiologi Gizi. 2021 Dec 17:103.

. La Ode Alifariki SK. Gizi Anak dan Stunting. Penerbit LeutikaPrio;2020.

. Riskesdas, T., 2019. Laporan Provinsi Sumatera Utara Riskesdas. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB). Jakarta.

. Muliani U. Edukasi Stunting Dan Pembuatan MP-Asi Dengan Pemanfaatan Pangan

Lokal Di Desa Mekar Asri Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan. Jompa Abdi:

Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022 Jun 23;1(2):134-8.

. Hastuti, E. and Norazizah, R., 2016. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Status Ekonomi dan Sosial Budaya Terhadap Status Gizi Batita Tahun 2016. Jurnal Berkala Kesehatan, 2(1), pp.9-14.

. Eryanti, E., 2018. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Pola Asuh Dan Pemberian Mp-Asi Terhadap Status Gizi Balita Usia 6-24 Bulan Di Puskesmas Makasar Jakarta

Timur Tahun 2018 (Doctoral dissertation, Universitas Binawan).

. Al Rahmad AH. Pemberian ASI dan MP-ASI terhadap pertumbuhan bayi usia 6–24

bulan. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala. 2017 Apr 15;17(1):4-14.

. Shobah, A., 2021. HUBUNGAN PEMBERIAN MP-ASI DENGAN STATUS GIZI

BAYI 6-24 BULAN. Indonesian Journal of Health Development, 3(1), pp.201-208.

. Yuliati, L. and Munisah, M., 2022. Penggunaan Suplemen Makanan Pada Balita Untuk Memenuhi Kebutuhan Mikronutrien. IJMT: Indonesian Journal of Midwifery Today, 2(1), pp.39-44.

. Puspasari, N. and Andriani, M., 2017. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Gizi dan Asupan Makan Balita dengan Status Gizi Balita (BB/U) Usia 12-24 Bulan. Amerta Nutrition, 1 (4), 369–378.

. Soraya, D., Sukandar, D., & Sinaga, T., 2017. Hubungan Pengetahuan Gizi, Tingkat Kecukupan Zat Gizi, dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Guru SMPN 1 Dramaga Bogor.

. Rahmi P. Peran Nutrisi Bagi Tumbuh dan Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya. 2019;5(1):1-3.

. Andari, W., Siswati, T. and Paramashanti, B.A., 2020. Tinggi Badan Ibu Sebagai Faktor Risiko Stunting pada Anak Usia 24-59 Bulan di Kecamatan Pleret dan Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Journal of Nutrition College, 9(4), pp.235-240Astria Paramashanti, B. (2020). Gizi Bagi Ibu & Anak (D. Rachmawati, Ed.). PT.PustakaBaru.

. Fadilah Syahruni.,2017. Analisis Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Pada IbuBekerja Di Wilayah Kerja Puskesmas Turikale Kabupaten Maros Tahun 2017.UniversitasHasanuddin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Meri Susanti, Mayang Sari Ayu, Rahmad Setia Budi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.