Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah SMAS Al-Manar Medan T.P 2021/2022

Renisa Harni Siregar, Elia Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skor hasil belajar fisika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media powerpoint dan skor hasil belajar fisika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung serta mengetahui adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika dengan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournment (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X SMAS Al-Manar Medan tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini yaitu peneltian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAS Al-Manar Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling (acak) dengan jumlah sampel penelitian 2 kelas yaitu X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 orang dan X-IPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 33 orang. Tes hsil belajar 30 item berbentuk pilihan berganda dengan 4 alternatif jawaban dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dari analisis data diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 22,03 dengan standar devisiasi 6,14 dan skor rata-rata kelas kontrol sebesar 18,30 dengan standar devisiasi 7,95. Pada uji normalitas untuk kelas eksperimen diperolehΒ  Lhitung< Ltabel = 0,109 < 0,154 dan pada kelas kontrol Lhitung< Ltabel = 0,152 < 0,154 maka kedua kelas tersebut memiliki data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data kedua sampel diperoleh πΉβ„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”β‰€ πΉπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™= 1,131 < 5,05 maka kedua sampel berasal dari sampel yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung> ttabel =Β  2,133 > 1,997 sehingga Ha diterima. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang sigtnifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan media powerpoint terhadap hasil belajar fisika siswa di SMAS Al-Manar Medan.


Full Text:

PDF

References


Amni Zakia. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Time Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Destinasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. UIN Mataram http://journal.unnes.ac.id. Diakses pada tanggal 12 Februari 2022 pukul 08.45 WIB.

Ardiningsih Yustika. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Kartu Jodoh Terhadap Hasil Belajar Siswa. FST UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta https://digilib.uin-suka.ac.id. Diakses pada tanggal 04 Februari pukul 13.51 WIB.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayati Miftahul. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) Berbantuan Media Permainan Kartu UNO terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA. UNY http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49262. Diakses pada tanggal 15 Maret 2022 pukul 20.23 WIB.

Jiwangga Eling, Hidayati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa. (Jurnal). UST Yogyakarta. Vol 4, No.1 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/1385. Diakses pada tanggal 22 Maret 2022 pukul 12.20 WIB.

Putri. Dinda Giriana. (2021) Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Quipper School Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Swasta Istiqal Deli Tua T.P 2020/2021 Pada Masa Pandemi Covid-19. (skripsi). FKIP, Muslim Nusantara Al-Washliyah, Medan.

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. (DIKTAT). UIN Sumatera Utara https://repository.uinsu.ac.id. Diakses pada tanggal 20 Februari 2022 pukul 16.25 WIB.

Subekha. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Plickers Terhadap Hasil Belajar Siswa. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta https://repository.uinjkt.ac.id. Diakses pada tanggal 04 Februari 2022 pukul 12.25 WIB.

Sugama Rafi. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. (SKRIPSI). FKIP UNPAS, Bandung https://repository.unpas.ac.id. Diakses pada tanggal 06 Maret 2022 pukul 22.15 WIB.

Sugioyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R & D BandungPenelitian :Alfabeta.

Yuniarti Indah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) Menggunakan Kartu Domino terhadapp Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. UIN STS Jambi http://repository.uinjambi.ac.id. Diakses pada tanggal 25 Maret 2022 pukul 11.45 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.