Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Buddhis Bodhicitta Medan

Josua Chariston Simanungkalit, Eben Haezarni Telaumbanua, Elsina Sihombing

Abstract


Terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan terhadap kinerja guru pada SMA Buddhis Bodhicitta. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai F hitung > F tabel (34,786 > 3,15) dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Artinya secara simultan atau bersama- sama kedua variabel bebas tersebut mempengaruhi secara positif terhadap variabel terikat. Hal ini berarti bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja guru meningkat maka kinerja guru akan meningkat. Begitu pula sebaliknya kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja guru menurun maka kinerja guru juga menurun.  pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMA Buddhis Bodhicitta. Hal ini dapat dilihat dari uji t antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, dari hasil perhitungannya menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,116 > 2,000 pada taraf signifikansi 5 % dan N = 31. Hal ini berarti gaya kepemimpinan kepala sekolah meningkat maka kinerja guru juga meningkat, dan kinerja guru menurun atau rendah bila gaya kepemimpinan kepala sekolah menurun.

Full Text:

PDF

References


Abdilah, R. H., & Djastuti, I. (2011). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Fattah, N. (2016). Landasan manajemen pendidikan.

Mulyasa. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H. (2017). Manajemen pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. (2013). Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan: pembuka ruang krativitas, inovasi dan pemberdayaan potensi sekolah dalam sistem otonomi sekolah.

Sudjana. (2000). Manajemen program pendidikan untuk pendidikan luar sekolah dan pengembangan sumber daya manusia. Bandung: Falah Production.

Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono(2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.