Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Mengajar Deduktif Dan Model Mengajar Induktif Pada Materi Pokok Sistem Koloid Di Kelas XI IPA SMA Negeri 13 Medan

Adilah Wirdhani Lubis

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang di ajar dengan menggunakan model mengajar deduktif dan model mengajar induktif pada materi pokok sistem koloid dikelas XI IPA SMA NEGERI 13 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13, seluruhnya berjumlah 144 orang dengan jumlah sampel 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang yang terdiri dari masing-masing 40 orang siswa. Nilai rata-rata kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan model mengajar deduktif  dan nilai rata-rata kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan multimedia . Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik t. Harga ttabel untuk dk = 70, α = 0,05 diperoleh 1,9966. Dari hasil perhitungan harga thitung = 2,5754, maka dalam hal ini Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa “ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model mengajar deduktif dengan model mengajar induktif pada materi pokok sistem koloid” dan perbedaannya adalah signifikan.

Kata Kunci: Belajar, Hasil Belajar, Model Mengajar Deduktif, Model Mengajar Induktif.


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.