Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Regulasi MAN 4 Medan

Budianto Budianto, Ita Izlina

Abstract


Abstrak. Masalah utama yang menjadi pokok permasalahan adalah apakah ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Regulasi Siswa MAN 4 Medan.Penelitian ini memiliki manfaat praktis yaitu sebagai bahan masukan atau pertimbangan bagi guru mata pelajaran untuk mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran yang akan digunakan dalam penyampaian materi. Bekal bagi calon guru, untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta meningkatkan kemampuan dalam menggunakan model pembelajaran. Bagi mahasiswa sebagai bahan informasi dan menambah wawasan mengenai model Auditory, Intellectualy, Repetition. Sebagai bahan perbandingan dan referensi bagi peneliti selanjutnya yang akan mengkaji dan membahas penelitian yang sama. Bagi siswa untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan aktifitas belajar Biologi siswa. Sementara itu secara teoritis penelitian ini antara lain dalam ilmu pendidikan dapat menjadi referensi serta menjadi solusi bagi setiap pembaca yang memiliki permasalahan yang sama dengan masalah yang dikaji dalam penelitian ini. Nilai rata-rata pre test sebelum pembelajaran menggunakan model Auditory Intellectualy Repetition adalah 66,7 dan standart deviasi 7,75. Maka seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%) pada sub materi sistem saraf di kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Nilai rata-rata post test hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Auditory Intellectualy Repetition adalah 82,14 dan standart deviasi 7,3. Sebanyak 21 siswa (60%) tuntas dan 14 siswa (40%) tidak tuntas pada sub materi sistem saraf di kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Hasil hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai diperoleh thitung > ttabel atau 18,91 > 1,69. Maka dari hasil analisa terhadap rumusan hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Auditory Intellectualy Repetition terhadap hasil belajar siswa pada sub materi sistem saraf di kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci: Auditory Intellectualy Repetition, Hasil Belajar Biologi, Sistem Regulasi

Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.