Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Dengan Menggunakan Multimedia Dan Media Sederhana Pada Materi Pokok Minyak Bumi Di Kelas X SMA Negeri 13 Medan

Dian Nirwana Harahap

Abstract


Abstrak. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini ada dua jenis media pembelajaran yaitu multimedia dan media sederhana berupa alat peraga menara distilasi bertingkat pada materi pokok Minyak Bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang di ajar dengan menggunakan multimedia dan media sederhana pada materi pokok Minyak Bumi di kelas X SMA NEGERI 13 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan, seluruhnya berjumlah 320 orang dengan jumlah sampel dua kelas, yaitu kelas X1 yang terdiri dari 40 orang siswa dan X2 yang terdiri dari masing-masing 40 orang. Nilai rata-rata kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media sederhana (𝑥̅1)= 81,00 dan nilai rata-rata kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan multimedia (𝑥̅2)= 76,12. Pengujian secara statistik dimana hipotesis telah diuji dengan uji t. Harga ttabel untuk dk=78, α = 0,05 diperoleh 1,994. Dari hasil perhitungan harga thitung= 2,423, maka dalam hal ini Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa “ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan multimedia dengan media sederhana pada materi pokok Minyak Bumi” dan perbedaannya adalah signifikan.

Kata Kunci: Media pembelajaran, media sederhana, multimedia, hasil belajar


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.