Peningkatkan Hasil Belajar Produktif Tata Busana (Dasar Pola) Siswa Kelas X Busana-1 SMKN 10 Medan Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division

Erniaty Erniaty

Abstract


Abstrak. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas X Busana-1 SMKN 10 Medan didasarkan pengamatan rendahnya hasil belajar produktif tata busana (dasar pola) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dalam setiap siklusnya. Tindakan yang dilakukan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Untuk menyelesaikan masalah digunakan instrumen pengamatan aktivitas belajar siswa, instrumen penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan instrumen pengamatan aktivitas guru, serta nilai hasil evaluasi setiap selesai pertemuan. Nilai data yang diperoleh menjadi bahan refleksi untuk dilakukan di siklus berikutnya. Ketika dilakukan refleksi awal hasil belajar siswa sekitar 57,75 (sangat kurang). Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 74,3 (cukup), pada siklus II 80,0 (cukup), dan pada siklus III menjadi 83,1 (tinggi). Sehingga disimpulkan penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division di kelas X Busana-1 SMKN 10 Medan dapat meningkatkan hasil belajar produktif tata busana (dasar pola).

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division.


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.