Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Suhu dan Pemuaian Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Di Kelas V SD Negeri 024760 Binjai

Langkatina Langkatina

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas V yang terdiri dari 20 orang siswa dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar dan dan hasil observasi aktivitas siswa. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu rencana (plan), tindakan (action), pengamatan (obsevation) dan refleksi (reflection). Pada pra siklus hasil belajar siswa (Pre Tes), ternyata 20 orang mendapat nilai ≤ 60 dengan rata-rata kelas 55,25. Pada pra siklus ini, penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan 55,25%. Ini berarti tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan masuk pada tingkat penguasaan rendah. Dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai. Pada siklus I, tes hasil belajar siswa (Pos Tes I), ternyata 19 orang mendapat nilai ≥ 65 dan 1 orang mendapat nilai ≤ 60 dengan rata-rata kelas 74,75. Pada siklus I ini, penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan 74,75%. Ini berarti tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan masuk pada tingkat penguasaan sedang. Dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai. Pada Siklus II (Pos Tes 2), semua siswa mendapat nilai ≥ 85 dengan rata-rata kelas 91,05. Penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan mencapai 91,05%. Ini berarti penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan masuk pada tingkat penguasaan tuntas dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Maka dapat disimpulkan bahwa pengajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses dapat meningkatakan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: IPA, Suhu dan Pemuaian, Pendekatan Keterampilan Proses


Refbacks

  • There are currently no refbacks.