Peningkatan Keterampilan Diskusi Produktif Tata Boga Siswa Kelas XI Boga-2 SMK Negeri 10 Medan Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray

Lisiana Pasaribu

Abstract


Abstrak. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilakukan kelas XI Boga-2 SMKN 10 Medan. Penelitian ini didasarkan pengamatan rendahnya keterampilan diskusi siswa dalam pembelajaran produktif tata boga. Pengembangan kemampuan keterampilan diskusi dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray yang dapat memberikan keleluasaan berpikir. Peningkatan keterampilan diskusi siswa dapat dilihat dari 5 aspek, yaitu (1) aspek keberanian/semangat, (2) aspek kelancaran berbicara, (3) aspek kejelasan ucapan dan pilihan kata, (4) aspek penguasaan masalah, dan (5) aspek penyampaian pendapat (persetujuan dan sanggahan). Peningkatan secara produk berdasarkan jumlah skor rata-rata kelas yang diperoleh yakni pada tes pratindakan sebesar 7,31 atau 29,63%, pada siklus I meningkat menjadi 12,59 atau 50,54%, pada siklus II meningkat menjadi 17,09 atau 68,36%, dan pada akhir tindakan siklus III meningkat menjadi 20,90 atau 83,63%. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan diskusi produktif tata boga siswa kelas XI Boga-SMKN 10 Medan melalui model pembelajaran two stay two stray.

Kata Kunci: Diskusi, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.