Penerapan Pembelajaran Outing Class Sejarah di SMA UISU Medan
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82.
Ayu, D., Nababan, S. A., Hardiyansyah, M. R., Kusbiantoro, D., Azis, A., & Darma, A. (2023). Pemanfaatan Media Film Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas IX IPS Madrasah Aliyah Tahfizil Qur’an. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(3 SE-Articles), 80–85. https://doi.org/10.57251/hij.v2i3.1021
Chrisnawan, D. A., & Kamulyan, M. S. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Outing Class Terhadap Pemahaman Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas III Di SD N Gajahan Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Darma, A. (2018). Analisis Pembelajaran Sejarah Berbasis Outing Class Multikultural DI MAN 2 Model Medan. UNS (Sebelas Maret University).
Darma, A., & Joebagio, H. (2018). Application of multicultural outing class method in man 2 model medan. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 288–297.
Darma, A., Nababan, S. A., & Alkhairi, F. (2022). Penerapan Outing Class Pada Pembelajaran Sejarah Di Madrasah Aliyah Tahfizihil Qur’an. Keguruan, 10(1), 20–24.
Fitri, H. (2018). Habonaron Do Bona and Sapangambei Manoktok Hitei Symbols Interpreted as Simalungun Ethnic Identity in Regional AutonomyHabonaron Do Bona and Sapangambei Manoktok Hitei Symbols That Interpreted as Simalungun Ethnic Identity in Regional Autonomy. International Conference on Contemporary Social and Political Affairs (IcoCSPA 2017), 94–96. Atlantis Press.
Hanum, L. (2018). Pengaruh Emotional Quotient (Eq) Terhadap Akhlak Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Washliyah Tanjung Morawa. KEGURU" Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar", 2(2), 170–178.
Hanum, L. (2020). Analisis Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 36–54.
Hanum, L. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Melalui Metode Bercerita di Yayasan Pendidikan Al-Fazwa Islamic School. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(1), 1–13.
Hasibuan, A. L., Matondang, S. A., & Nababan, S. A. (2022). Use of Islamic Malay Texts in Language Learning for Character Building. Journal of Education, 7(2), 218–223.
Husamah, H. (2013). Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). Research Report.
Majid, A. (2020). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru.
Masdiana, M., Budiarsa, I. M., & Lamba, H. A. (2014). Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pada Lingkungan Siswa Kelas I SDN 018 Letawa Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Online, 3(2).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif (terjemahan). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Mulia, G. (2020). Analisis Pembelajaran Sejarah di Pondok Pesantren (Studi Kasus Siswa Kelas X MAS Darul Ikhlas Abdul Manap Siregar).
Nababan, Surya Amanda, & Hasudungan, A. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Sejarah Berbasis dalam Jaringan pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus SMAN 1 Rupat Provinsi Riau. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 4(1), 12–21. https://doi.org/10.15548/thje.v4i1.4246
Nababan, Surya Aymanda. (2020). Analisis Pemanfaatan Situs Kota Cina Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus SMA 1 PAB Medan dan SMA 11 Medan). UNS (Sebelas Maret University).
Nababan, Surya Aymanda, Agung, L., & Yamtina, S. (2019). Pemanfaatan Situs Kota Cina Sebagai Sumber Permbelajaran Sejarah Lokal di Kota Medan. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(04), 49–55.
Nababan, Surya Aymanda, Agung S, L., & Yamtina, S. (2020). E-Museum of Chinese City Site and Local History Learning Sources in Digital Era. International Journal of Scientific Research in Computer Science, Engineering and Information Technology, 08–13. https://doi.org/10.32628/CSEIT19566
Nugraha, M. A. (2017). MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH DITINJAU DARI MINAT BELAJAR. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(5), 1.
Nugraha, M. A., & Tanjung, A. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN SEJARAH DI PONDOK PESANTREN PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sumantri, P., & Sipayung, R. I. (2018). PERLAWANAN RAKYAT KARO MEMPERTAHANKAN KEDAULATAN REPUBLIK INDONESIA DI KAB. KARO PADA TAHUN 1946-1947 RINAL IRWANDA SIPAYUNG. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 13–21.
Vera, A. (2012). Metode mengajar anak di luar kelas (outdoor study). Yogyakarta: Divapress.
Refbacks
- There are currently no refbacks.