Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Siswa pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas X SMA Negeri 1 Parbuluan

Karolina Simamora

Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa pada materi SPLDV melalui implementasi model pembelajaran berbasis masalah. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Parbuluan. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan oal cerita melalui implementasi model pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tes akhir siklus 1 diperoleh rata-rata nilai sebesar 5,81 dengan persentase ketuntasan belajar baru mencapai 51,9% dan keaktifan siswa 70%. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 77,8% dengan rata-rata 7,65 serta lebih dari 75% siswa aktif mengikuti pembelajaran maka dapat disimpulkan dengan melalui implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas X SMA Negeri 1 Parbuluan tahun pelajaran 2015/2016 dan aktivitas siswa pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Kata Kunci: Soal Cerita, Pembelajaran Berbasis Masalah


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.