Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Perkalian dan Pembagian Pecahan Melalui Penggunaan Metode Snowball Drilling di Kelas V SD Negeri 060923 Medan Amplas

Tiamsa Tiamsa

Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060923 Medan Amplas yang berjumlah 34 orang siswa. Objek pada penelitian ini adalah operasi perkalian dan pembagian dalam bentuk pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada kompetensi dasar perkalian dan pembagian pecahan melalui penggunaan metode snowball drilling di kelas V SD Negeri 060923 Medan Amplas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 060923 Medan Amplas pada pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan pecahan dengan menggunakan metode Snowball Drilling telah mengalami perubahan dan peningkatan secara signifikan dibandingkan sebelum dilakukannya metode ini; dan 2) Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa secara individu pada setiap siklus mengalami peningkatan yaitu pada Siklus I mencapai 70,85% dan secara klasikal mencapai 56%, pada Siklus II mencapai 87,64% dan secara klasikal 94%. Rata-rata nilai angket siswa pada kondisi awal mencapai 17% dan secara klasikal mencapai 17%, pada pasca siklus II mencapai 83% dan secara klasikal mencapai 100%.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Perkalian dan Pembagian Pecahan, Metode Snowball Drilling


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.