Pengaruh Model Kooperatif Teams Games Tournament dengan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam Basa

Wilda Wani Siregar

Abstract


Abstrak. Model pembelajaran kooperatif TGT merupakan model pembelajaran berkelompok yang mengandung unsur permainan dan memberikan kesempatan kepada untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan temananya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pada model pembelajaran ini tiap kelompok terdiri dari 5 orang yang dipilih secara heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dengan media Power Point. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah random sampling. Data yang diperoleh menunjukkan populasi berdistribusi normal yaitu memiliki kemampuan yang setara dimana Lhitung ˂ Ltabel (0,1229˂0,190) untuk nilai post-test kelas eksperimen (Power Point). Uji Homogenitas data diperoleh nilai Fhitung ˂ Ftabel (1,03˂2,31) pada hasil post test menyatakan bahwa kemampuan populasi berarti homogen. Nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen (Power Point) adalah x = 82 dengan standar deviasi adalah (S) = 6,158. Berdasarkan uji hipotesis nilai pre-test thitung< ttabel yaitu 0,827 < 1,71 maka H0 ditolak, nilai post-test thitung > ttabel yaitu 1,81 >1,71 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: Model, Kooperatif TGT, Power Point, Peta Konsep, Hasil Belajar, Asam Basa


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.