Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Gula Merah Di Desa Sei Silau Kab.Asahan

Julkarnain Julkarnain, Safrida Safrida, Irnawati Irnawati

Abstract


Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang tepat digunakan oleh sebuah pelaku usaha. Dengan menggunakan analisis SWOT, penelitian ini dilakukan pelaku usaha yang menggeluti dibidang industry pangan yaitu pada UMKM Gula Merah di Desa Sei Silau Kab.Asahan. data yang diperoleh dari hasil data primer, data sekunder. Beberapa metode pengujian yang merupakan langkah-langkah dari uji analisis SWOT, diantaranya yaitu dengan menggunakan Matriks IFAS, Matriks EFAS, serta diagram SWOT. Nilai hasil dari uji Matrik IFAS (2,59) digunakan sebagai sumbu X (horizontal) pada diagram SWOT dan nilai hasil uji matriks EFAS (2,80) digunakan sebagai sumbu Y (vertikal) pada diagram SWOT. Hasil SWOT menerangkan bahwa perusahaan berada pada daerah IV, dimana pada daerah tersebut menggambarkan bahwa faktor-faktor internal pelaku usaha UMKM dalam keadaan lemah. Hasil analisis SWOT yang digambarkan dengan menggunakan diagram SWOT menunjukkan kondisi usaha UMKM berada pada kuadran IV, dimana hal tersebut berarti bahwa UMKM Gula Merah di Desa Sei Silau Kab.Asahan berada pada posisi Defence (bertahan) dan strategi yang dapat dilakukan yaitu strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh pelaku usaha UMKM Gula Merah Di Desa Sei Kab.Asahan adalah Strategi Agresif , yaitu pelaku usaha harus mampu mengembangkan kekuatan yang ada dan meningkatkan serta mempertahankan peluang yang ada.


Keywords


Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Volume Penjualan

Full Text:

PDF

References


Agus, Mikha widiyanto. 2013. Statistika Terapan. Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Duwi Priyatno. 2014. SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis.Yogyakarta: CV Andi Offset.

Heru Prasetiya, Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Harga Jual Produksi Industri Genteng Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Desa Notorejo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan, 2018

Moh.Askiyanto (2016). Analisis strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan volume penjualan (studi pada penerbit buku intrans bublishing kota Malang). Philosophy.

M Fajar Rizkiawan, Penentuan Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM) Ikkuwi Dengan Metode Strengh, Weakness, Oppotunies, Threats (SWOT). Semarang: Skripsi Tidak Diterbitkan, 2021

Nofiar, Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk Perusahaan Studi Kasus pada PT Global Haditech, Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis Vol.1 No.4, 2017.

Nindi Retno Kumalasari, Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Di Toko Smart dan Indomaret Ponorogo. Ponorogo: Skripsi Tidak Diterbitkan, 2020.

Qorry Prastiwi, Analisi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Pabrik Roti Alfaris Bakery Medan. Sumatera Utara: Skripsi Tidak Diterbitkan, 2019.

Rahmi Rangkuti, Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Rotan Studi pada UD. Mula Rotan Petisah Kota Medan. Medan: Skripsi Tidak Diterbitkan, 2018.

Sisilia Yuyut, Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM Pengrajin Kayu UD.Rizky Kota Batu. Malang: Skripisi tidak diterbitkan, 2020.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widia Resti Ayu, Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Bag Corner Ponorogo. Ponorogo: Skripsi Tidak Diterbitkan, 2020.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/jmb.v5i2.7429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jmb@fe.uisu.ac.id