Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Fitur Go-Food PT Gojek Indonesia

Danang Dwi Kuncoro, Wuryaningsih Dwi Lestari

Abstract


Along with the rapid development of the times and advances in education, a more prosperous economy, socio-cultural changes in society, and the development of sophisticated science and technology, can facilitate human activities. This is in line with the term industrial revolution 4.0 where one of its characteristics is technological advancement and the era of digitalization. The purpose of this study was to analyze the effect of service quality and price on customer satisfaction for the go-food feature of pt.gojek indonesia. This research method is quantitative, the population of this research is all students of Universitas Muhammadiyah Surakarta. And the number of samples of this study were 200 respondents. The results of the study are service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction. Price has a positive and significant effect on customer satisfaction.

Keywords


Service Quality; Price; Customer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Adi, D. O. R. K., Fathoni, A., & Hasiolan, L. B. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cke Teknik Semarang. Journal of Management, 4(4), 1–22.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94

Bastuti, S., Alfatiyah, R., & Mualif, M. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Untuk Meningkatkan Perekonomian Dengan Menaikkan Nilai Produk dan Harga Jual dengan Kemasan Standing Pouch di UMKM Desa Koper, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang. Adibrata Jurnal, 3(1), 1–10.

Damaryanti, F., Thalib, S., & Miranda, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 50–62. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i2.253

Dewi, M. P. (2020). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Konsumen Pada RM. Wongsolo Malang. Iqtishoduna, 16(2), 167–190. https://doi.org/10.18860/iq.v16i2.9242

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Edisi 5). Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariete. Universitas Diponegoro.

Hadju, H. Z., & Sitohang, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian pada Jasa Transportasi PT PELNI Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(8), 1–18.

Hananto, D. (2021). Pengaruh desain produk, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk jersey sepeda di tangsel. Prosiding SEMNASLIT.

Indriyati, I. N., Daryanto, A., & Oktaviani, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Persepsi Konsumen PT Home Credit Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 261–270. https://doi.org/10.17358/jabm.4.2.261

Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5955–5982. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p06

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Lo, E. L., Marpaung, F. K., Chandra, M., Queteres, W., & La’ia, D. F. (2022). Pengaruh Harga, Kupon Promosi dan Kepuasan Konsumen terhadap Minat Ulang Menggunakan Jasa Transportasi Go-Jek pada Mahasiswa Universitas Prima Indonesia Medan. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(2), 517–524.

Manggala, H., Adirinekso, G. P., & Si, M. (2022). Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Shaburi Kelapa Gading). Jurnal Manajemen, 19(1), 39–53.

Muhtarom, A., Syairozi, I., & Wardani, N. D. (2022). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada Umkm Ayam Potong Online Elmonsu. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 743–755. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.628

Murni, Y., & Rahmanto, R. (2018). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Berbelanja Konsumen di Mini Market Sinar Jaya. Ensiklopedia Of Journal, 1(1), 147–152.

Nuraeni. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Transportasi Online Grab. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 95.

Oktaviani, L., Aldino, A. A., & Lestari, Y. T. (2022). Penerapan Digital Marketing Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Marning. 369–375.

Pratiwi, R. A., Juliati, R., & Sa’diyah, C. (2022). The Influence of Brand Image, Product Quality, and Price on Purchase Decisions (Study on iPhone Smartphone Users in Malang City). Jamanika: Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 02(02). https://doi.org/10.22219/jamanika.v2i02.21963

Sari, A. I. (2020a). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek (Mahasiswa Pengguna Layanan Go-Ride dan Go-Food). Jurnal Manajemen, 1–13.

Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt. Go-Jek). Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 67–81. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.91

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. CV Alfabeta.

Suryani, D., & Al, S. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek. Ijbem: Indonesian Journal of Business Economics and Management, 1(2021), 11–19. https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem

Umar, Z. A. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ikan Tuna Olahan Pada PT. Betel Citra Seyan Gorontalo. Jurnal Inovasi, 9(1), 1–26.

Winarsih, R., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Makanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dabu – Dabu Lemong Resto Dan Coffee Kawasan Megamas Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 388. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41953

Wirananta, Z., Rezika, M., Rinaldi, I., & Ilham Zet, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga PT GOJEKTerhadap Kepuasaan Konsumen GO-FOOD Di Padang. 1(2), 179–190.

Yufa, N. I. H., & Lestari, W. D. (2023). Pengaruh Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan, Dan Pengaruh Potongan Harga Dan Kualitias Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 8(2), 614–626.




DOI: https://doi.org/10.30743/jmb.v5i2.7592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jmb@fe.uisu.ac.id