Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Wom Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dimediasi Oleh Brand Trust

Rizky Adi Patria, Ihwan Susila

Abstract


Travel haji dan umroh di Indonesia merupakan salah satu industri pariwisata yang berkembang pesat. Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim yang besar, sehingga permintaan untuk melakukan ibadah haji dan umroh selalu tinggi setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, e-wom & brand image terhadap keputusan pembelian konsumen dimediasi oleh brand trust (studi kasus sahid tour haji & umroh). Populasi penelitian ini ialah calon dan alumni jamaah umroh dan haji Sahid Tour 2023. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisa penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini ialah bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara E-Wom terhadap keputusan pembelian konsumen. Terdapat pengaruh secara signifikan antara brand image terhadap keputusan pembelian konsumen. Terdapat pengaruh secara signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Kualitas Pelayanan; E-WOM; Brand Image; Keputusan Pembelian; Brand Trust

Full Text:

PDF

References


Aditria, D., Digdowiseiso, K., & Nurwulandari, A. (2023). Pengaruh Brand Image, E-wom dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi di Hits Burger Antasari Jakarta Selatan. Tehnomedia Journal. 8(1SP), 30-45. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1SP.2001

Aeni, N., & Ekhsan, M. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Brand Trust. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 377–386. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.331

Apritama, N. A., & Susila, I. (2023). Analisis Pengaruh Brand Image, Customer Service, Dan E-Wom Terhadap Repurchase Intention Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 20(1), 135–151. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i1.11278

Ardiansyah, M. F., Aquinia, A., Program, S., S1, M., Ekonomika Dan Bisnis, F., & Semarang, U. S. (2022). Pengaruh Celebrity endorsement, Brand Image, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Marketplace Tokopedia). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2469. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2117

Bagus, I., Kresnadana, G. B., & Jatra, I. M. (2019). The Role of Brand Trust Mediate The Relationship Of Brand Image With Brand Loyalty. In International Journal of Management and Commerce Innovations (Vol. 7). www.researchpublish.com

Benhardy, K. A., Hardiyansyah, Putranto, A., & Ronadi, M. (2020). Brand image and price perceptions impact on purchase intentions: Mediating brand trust. Management Science Letters, 10(14), 3425–3432. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.5.035

Dapas, C. C., Sitorus, T., Purwanto, E., & Ihalauw, J. J. O. I. (2019). The effect of service quality and website quality of zalora.com on purchasedecision as mediated by purchase intention. 18, 339. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/#iema

Donthu, N., Kumar, S., Pandey, N., Pandey, N., & Mishra, A. (2021). Mapping the electronic word-of-mouth (eWOM) research: A systematic review and bibliometric analysis. Journal of Business Research, 135, 758–773. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.07.015

Fachrozie, S. V. (2017). The Impact of EWOM (Electronic Word of Mouth) on Purchase Intention through Brand Image (A Case Study on GoPro Camera) in Malang City. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Fauzia, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Jamaah Umroh dan Haji (Studi Kasus di PT. Silver Silk Cabang Tembilahan). STAI Auliaurrasyidin.

Fauzy, I. A., & Sholahuddin, M. (2023). The Effect of Promotion Through Instagram on Purchase Intention With E-Wom as an Intervening Variable in Men’s Halal Skincare Products. Iqtishadequity Journal MANAGEMENT, 5(2), 108–118. https://doi.org/10.51804/iej.v4i2

Febiyati, L., & Aqmala, D. D. (2022). Pengaruh E-Wom, Brand Image, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Grab Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dan Dinamika Bisnis, 1(1), 28–39.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Implikasi pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu.

Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek: Qiara Media.

Gruen, T. W., Osmobekov, T., & Czaplewski, A. J. (2006). the impact of customer-to-customer online know-how exchange on customer value and loyalty. Journal of Business Research.

Hanaysha, J. R. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, 2(1), 7–23. https://doi.org/10.1108/PRR-08-2017-0034

Hayu Nityasari, A. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Jamaah Umroh Tahun 2010-2012 (Studi Kasus Pada Pt Fatimah Zahra Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 2(2), 78–86. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Intan, E. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Memilih Biro Perjalanan Umroh Dan Haji Khusus . Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Japarianto, E., & Febriana Koharyanto, F. (2020). Analisa Pengaruh Perceived Quality Dalam Pembentukan Repurchase Intention Melalui Brand Trust Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Strategi Pemasaran. 7(1)

Kamila, N., & Wardhana, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Setelah Layanan Haji Dan Umrah Di Buka Kembali Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Ebad Wisata Tour And Travel Surabaya). Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 2023. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1708

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Erlangga.

Maulana, N., Juliana Saftari, I., & Lumban Batu, R. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Oleh Brand Trust Pada Bukalapak. Jimea | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 2327–2340.

Nurhasanah, Mahliza, F., Nugroho, L., & Putra, Y. M. (2021). The Effect of E-WOM, Brand Trust, and Brand Ambassador on Purchase Decisions at Tokopedia Online Shopping Site. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1071(1), 012017. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1071/1/012017

Rinaldi, R. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik. 2(1), 22-34. https://doi.org/10.31289/jap.v2i1.945

Sabita, R., & Mardalis, A. (2023). Do celebrity endorsement, halal label, and Word of Mouth affect Millennials to purchase skincare? Ahmad Mardalis Journal of Enterprise and Development (JED), 5(2). https://doi.org/10.20414/jed.v5i2.6968

Sanny, L., Arina, A. N., Maulidya, R. T., & Pertiwi, R. P. (2020). Purchase intention on Indonesia male’s skin care by social media marketing effect towards brand image and brand trust. Management Science Letters, 2139–2146. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.3.023

Singh, R. (2019). Factors Affecting Brand Loyalty In The Footwear Industry – A Study Of Ludhiana Distict. International Journal of Research - GRANTHAALAYAH, 4, 139–149. https://doi.org/10.5281/zenodo.56649

Sussanto, H., & Damayanti, W. (2011). Kualitas Pelayanan Dan Produk Serta Loyalitas Pada Konsumen. Jurnal Psikologi, 2(1), 22-48.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Umair Manzoor, Sajjad Ahmad Baig, Muhammad Hashim, & Abdul Sami. (2020). Impact of Social Media Marketing on Consumer’s Purchase Intentions: The Mediating role of Customer Trust. International Journal of Entrepreneurial Research, 3(2), 41–48. https://doi.org/10.31580/ijer.v3i2.1386

Usman. (2021). Efektivitas Brand Image, Brand Trust, Harga, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Kemasan “Santri” Pada Santri Putra Dan Putri Pondok Pesantren Darul Falah Ramban Kulon Bondowoso. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah. 1(2). https://doi.org/10.53948/kasbana.v1i2.29




DOI: https://doi.org/10.30743/jmb.v5i2.7683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jmb@fe.uisu.ac.id