Pengaruh Viral Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada E-Commerce Di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Afita Apristiani, Imron Rosyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Pengaruh viral marketing, online customer review terhadap keputusan pembelian di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-probability Sampling. Dengan jumlah 150 Responden yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini ialah Viral Marketing dan Online Customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Skintific pada E-Commerce


Keywords


Viral Marketing; Online Customer Review; Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Agesti, N., Ridwan, M. S., & Budiarti, E. (2021). The Effect of Viral Marketing, Online Customer Review, Price Perception, Trust on Purchase Decisions with Lifestyle as Intervening Variables in the Marketplace Shopee in Surabaya City. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU), 8(3).

Al Abri, D., & Valaee, S. (2019). Diversified viral marketing: The power of sharing over multiple online social networks. Knowledge-Based Systems, 193.

Amin, M. A., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3), 151–164.

Bowes, P., & Report, A. (2020). Pitney Bowes Inc. Corporate Philanthropy Report, 35(4), 7–9. https://doi.org/10.1002/cprt.30551

Chandra, J. (2023). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Image Terhadap Kepercayaan Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian di Toko Online Shopee. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(4), 686–693.

Faradiba. (2020). Modul Penggunaan Aplikasi SPSS untuk Analisis Statistika. Univarsitas Kristen Indonesia.

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21–26.

Ghoni, M. A., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Online Customer Review Dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Mirai Management, 7(4), 14–22.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariete. Universitas Diponegoro.

Guo, J., Wang, X., & Wu, Y. (2020). Positive emotion bias: Role of emotional content from online customer reviews in purchase decisions. Journal of Retailing and Consumer Services, 52.

HIDAYATI, N. L. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga , 6(3), 77–84.

Kuhu, T. T., Tumbel, A. L., & Wenas, R. S. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Di Sang Pisang Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Martini, Setiawan, D., Adhariani, D., Harymawan, I., & Widodo, M. (2023). E-commerce and micro and small industries performance: The role of firm size as a moderator. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(3), 100142. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100142

Mora, E., Vila-Lopez, N., & Küster-Boluda, I. (2021). Segmenting the audience of a cause- related marketing viral campaign. International Journal of Information Management, 59.

Najwah, J., & Chasanah, A. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews, Harga , dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. BISECER (Business Economic Enterpreneurship), 5(2), 1–13.

Natalia, L., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 47–52.

Pasaribu, A. F., Fadhila Rahma, T. I., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Content Marketing, Viral Marketing Dan Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skincare Pada Mahasiswa. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 10(2), 81–93.

Putri, I. A., Fauzi, A., Renaldy, A., Syaridwan, A., Ningrum, D. A., Putri, N. M., & Putri, S. A. (2022). Pengaruh Strategi Viral Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Literatur Review). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(2), 168–175.

Rimbasari, A., Widjayanti, R. E., & Thahira, A. (2023). Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. . Jurnal Bisnis Dan Manajemen , 6(1).

Robles, J. F., Chica, M., & Cordon, O. (2020). Evolutionary multiobjective optimization to target social network influentials in viral marketing. Expert Systems with Applications, 147.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Tendean, M. R., Mananeke, L., & Roring, F. (2020). Pengaruh Viral Marketing, Store Location Dan Food Quality Terhadap Keputusan Pembelian Di Mcdonaldâ€Tms Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1).

Wati, R. A., Basalamah, M. R., & Rahmawati. (2021). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Viral Marketing, Dan Customer Online Review Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angkatan 2018 Universitas Islam Malang). Riset Manajemen, 10(13), 120–133.

Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Klik Media.

Xu, X. (2021). Closed-form evaluations and open-ended comment options: How do they affect customer online review behavior and reflect satisfaction with hotels? Decision Support Systems, 145(1).

Yuniati, U., Hardi, N. M., & Primasari, I. (2020). Viral Marketing Strategies through Social Media of Interesting Visitor (Case Study Cafes Instagramable in Bandung). . Journal of Physics: Conference Series, 1764.




DOI: https://doi.org/10.30743/jmb.v6i1.8906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jmb@fe.uisu.ac.id