HUBUNGAN TINGKAT BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Kata Kunci : Berpikir kritis, hasil belajar, analisis regresi, problem based learning.
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. 2004. Learning To Teach Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Duch, Barbasara J.. 2001. The Power of Problem Based Leraning. Virginia : Stylus Publishing.
Fatmawati, Harlinda, dkk. 2014. Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Surakarta : Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika.
Fauzi P, Ahmad. 2012. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Kelas IX SMP Negeri 5 P.Siantar T.P 2012/2013. Medan : UNIMED.
Istianah, Euis. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada Siswa SMA. Bandung : Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika.
Manurung, Sri. L. 2010. Tesis : Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Menggunakan Software Autograph. Medan : Program Pascasarjana UNIMED.
Sendag, Serkan dll. 2009. Effects of an Online Problem Based Learning Course on Content Knowledge Acquisition and Critical Thinking Skills. Computers and Education. 53(1). 132-141.
Thomas, I. 2009. Critical thinking, Transformative Learning, Sustainable Education, and Problem-Based Learning in Universities. Journal of Transformative Education. 7(3). 245-264.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Yuan. H., Williams. B. A. & Fan. L. 2008. A Systematic Review of Selected Evidence on Developing Nursing Students’ Critical Thinking Through Problem-Based Learning. Nurse Education Today. 28(6). 657-663.
DOI: https://doi.org/10.30743/pascal.v1i2.338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Program Studi Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Islam Sumatera Utara
E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id
Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.