PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Aziz Ahmadi Putra, Tuti Hardianti, Syahwin Syahwin, Fauzi Fauzi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar siswa pada  materi pokok usaha dan energi dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw di kelas VIII SMP Negeri 1 kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilaksanakan dengan populasi seluruh siswa kelas VIII  sebanyak10 kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas diperoleh dengan teknik random sampling.Data diperoleh menggunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 pilihan jawaban. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t) satu pihak.Hasil penelitian pre-test diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 39,48 dan kelas kontrol adalah 39,34. Dengan uji beda kedua kelas diperoleh 0,75< 1,99 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test kedua kelas. Setelah diberi perlakuan dengan mengunakan model jigsaw yaitu kelas eksperimen diperoleh hasil post-test dengan nilai rata-rata 75,96 dan yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode konvensional yaitu kelas kontrol diperoleh hasil post-test dengan nilai  rata-rata 67,23. Dengan uji beda kedua kelas diperoleh 5,50> 1,99 maka terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai post-test kedua kelas. Dari hasil uji determinasi dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran model jigsaw memiliki pengaruh yang cukup terhadap hasil belajar siswa yaitu sebesar 23%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran model jigsaw terhadap hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Aritonang, K.T. (2008). Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 20 (7),11-12

Fitriana, Sheila. (2014). The Impact of Handout Based Mind Map in Inquiry Learning Model for Students Studying Physics Results Class VIII SMP. Bandung : Prosiding The 3rdIPCoRE 2014 (International Postgraduate Colloqium of Research in Education)

Hardianti, T. (2012).Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Cahaya Di Kelas Viii Semester II Smp N 1 Air Joman Ta 2011/2012. Universitas Negeri Medan : Medan

Husnah, M., & Tarigan, R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Berbantuan Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 16 Medan TP. 2012/2013. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)

Isjoni. (2012). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Malau, J. (2014). Pembelajaran kooperaatif tipe jigsaw dalam pembelajaran fisika.Jurnal Formatif, 4(1),1-10

Muhibbin Syah. (2010).Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Naibaho, Davit.,G.T. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Zat Di Kelas Vii Smp Negeri 3 Hinai Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Fisika, 3 (1), 59-64

Nurhaeni, Yani. (2011). Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IX Smpn 43 Bandung. Diakses tanggal tanggal 27 Maret 2013 darihttp://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/32845201/7Yani_Nurhaeni.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1489920831&Signature=DLsyLc%2FGFLSlMQ5hH%2BeFp4sdVnY%3D&responsecontendisposition=inline%3B%20filename%3DMENINGKATKAN_PEMAHAMAN_SISWA_PADA_KONSEP.pdf

Slavin, R.E. (2008).Cooperative Learning teori, Riset dan Praktik. Jakarta: Nusa Media

Sudjana. (2005). Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung : Tarsito

Supriyono, A. (2009). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Pakem). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.