PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BLENDED LEARNING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILSS

Syifa Nuraini, I Wayan Distrik, Wayan Suana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) blended learning berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi Hukum Newton tentang gerak dan mengetahui validitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan ADDIE. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validitashasil rancangan yang dilakukan oleh tiga orang ahli fisika dan dilanjutkan dengan uji kepraktisan yang dilakukan oleh tiga orang siswa kelas X IPA SMA. Hasil menunjukkan bahwa validitas produk 87,5%, 78,3%, dan 92,67% dari penilaian tiga orang ahli. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa LKS blended learning berorientasi pada HOTS yang dikembangkan memiliki validitas yang sangat baik sebagai perangkat pembelajaran pada materi pokok listrik dinamis.

Full Text:

PDF

References


Aeni, N., Prihatin, T., & Utanto, Y. (2017). Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Sistem Komputer. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 84-97.

Akkoyunlu, B & Soylu, M. Y. (2008). A Study of Student’s Penceptios in a Blended Learning Environment Based on Different Learning Styles. Educational Tecnology & society, I2(1), 183-193.

B.Sjukur, S. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3), 168-178.

Darmojo, H & Kaliggis, J. R. E. 1993. Pendidikan IPA II. Jakarta: Dirjen Dikti.

Depdiknas. (2004). Pedoman Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa dan Skenario Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Jakarta: DepdiknasDirektorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Fahrudin, A. (2018). Pengembangan Buku Rangkuman Fisika Berbasis Aplikasi Smartphone dan Pengaruhnyaterhadap Prestasi Belajar pada Materi Elastisitas. Kasuari: Physics Education Journal, 1(1), 22-33.

Finn, A. & bucceri, M. (2004). A ase study approach to blended learning. Diakses tanggal 27 September 2017 dari http://www.centra.com/download/whitcpapers/casestudy_blended.carning.pdf.

Handayani, R. & Priatmoko, S. (2013). Pengaruh Problem Solving Berorientasi (HOTS) Higher Order Thinking Skills Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X. Jurnal Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang, 7(1), 1051-1062.

Purnomo, A., Rahmawati, N., &Aristin, N. F. (2016) .PengembanganBlended learningPadaGenerasiZ.Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 1(1), 70-76.

Suana, W., Maharta, N., Nyeneng, I. D., & Wahyuni, S. (2017). Design and Implementation of Schoology Based Blended Learning Media for Basic Physics I Course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6 (1), 170-178.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantutatif, Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sutisna, A. (2016). Pengembangan Model PembelajaranBlended Learningpada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Mengingkatkan KemandirianBelajar.Jurnal Teknologi Pendidikan. 18 (3). 156-168.

Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK.Jurnal Pendidikan Vokasi, 2 (2), 234-249.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yuniar, M., Rakhmat, C., & Saepulrohman, A. (2015). Analisis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Soal Objektif Tes dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. Diakses tanggal 29 Juni 2018 darihttp://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/viewFile/5845/3961.

Zaka, P. (2013). A CaseStudyofBlended Teachingand Learningin ANewZealand SecondarySchool, Ssing An Ecological Framework.Journal of Open, Flexible and DistanceLearning, 17(1), 24-40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.