PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Rachmat Rizaldi

Abstract


Salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang tersedia di sekolah belum sesuai kebutuhan siswa. Hal ini menuntut guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa(LKS), Handout, dan penilaian yang dapat menstimulus keterampilan proses sains siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai kebutuhan tersebut adalah model inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis model inkuiri terbimbing untuk menstimulus keterampilan proses sains siswa pada materi listrik dinamis dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D terdiri dari tahap Define, Design, Development ,dan Dissiminate. Hasil analisis validasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai 86,3%. Analisis praktikalitas berdasarkan angket keterlaksanaan RPP dengan nilai 85,6%, angket respon guru dengan nilai 84,08% dan angket respon siswa dengan nilai 75,6% diperoleh bahwa perangkat sangat praktis. Hasil uji efektivitas dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif karena perangkat dapat meningkatkan kompetensi siswa pada kompetensi pengetahuan dengan nilai 78,7, sikap dengan nilai 75,4 dan keterampilan proses sainsnya dengan nilai 75,3. Dengan demikian, perangkat pembelajaran fisika berbasis model inkuiri terbimbing untuk menstimulus keterampilan proses sains siswa pada materi listrik dinamis sangat valid, sangat praktis dan efektif untuk diterapkan pada proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Asyhari, Ardian., dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Pendidikan Karakter. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains. ISSN: 2252-7893, Vol 3, No. I, 2014 (hal 62-75).

Djamarah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Nugroho. 2007. Penerapan model pembelajaran conceptual understanding procedures untuk

meningkatkan curiosty dan pemahaman konsep siswa. Semarang: Unnes.

Petri. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA dengan Startegi Inkuiri Terbimbing Berbasis Pendekatan Scientifik pada Materi Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor. tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Riduwan. 2009. Metode Teknik Menyususn Tesis. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Yunus Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung. Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.