ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PADA KELAS 5 SDN 027 TAKATIDUNG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi peserta didik pada kelas 5 di SDN 027 Takatidung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis deskriptif. Adapun populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 SDN 027 Takatidung dengan menggunakan pengambilan teknik sampel jenuh. Berdasarkan analisis data diperoleh kemampuan literasi numerasi dengan capaian tiap indikator : ( 1) Menggunakan bermacam-macam angka dan simbol berkaitan dengan matematika dasar pada pemecahan masalah praktis dalam konteks kehidupan sehari-hari dengan persentase 8,16% yang berada pada kategori sangat rendah. Indikator (2) Menganalisis informasi yang ditampilkan dari berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan) dengan persentase 26,53% yang termasuk dalam kategori rendah. Indikator (3) Menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan memperoleh persentase 59,18% yang berada pada kategori sedang. Secara akumulatif, rata-rata persentase kemampuan literasi numerasi peserta didik pada kelas 5 di SDN 027 Takatidung sebesar 31,29% yang berada pada kategori rendah.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi VI). Jakarta : Rineka Cipta.
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
Feriyanto, F. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematika Bagi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gammath, 7(2), 86–94. https://doi.org/10.32528/gammath.v7i2.8439
Pulungan, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Persamaan Linear Siswa SMP PAB 2 Helvetia. Journal On Teacher Education, 3(3), 266–274. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/4574/3287
Rahmawati, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 4(1), 59–65.
Salsabilah, A. P., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi ditinjau dari efikasi diri pada peserta didik SMP. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 138–149.
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Prosiding SANDIKA UNIKAL 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta.
Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Blended Learning Di Masa Pandemi Covid19. Kadikma, 13(1), 68–73. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327
Weilin, H., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Program Studi Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Islam Sumatera Utara
E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id
Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.