Pengaruh suhu dan lama pengeringan terhadap kualitas Mie Tiaw kering

Wan Bahroni Jiwar Barus

Abstract


Mie tiaw adalah sejenis mie tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras, dapat digoreng atau berkuah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui suhu dan lama pengeringan yang terbaik untuk mendapatkan kualitas mie tiaw kering yang sama dengan mie tiaw segar. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap factorial dua ulangan yang terdiri atas dua faktor perlakuan, yaitu suhu pengeringan (S) terdiri atas empat taraf: 60 ˚C (S1), 70 ˚C (S2), 80 ˚C (S3), 90 ˚C (S4), dan lama pengeringan (L) yang terdiri atas empat taraf: 2 jam (L1), 4 jam (L2), 6 jam (L3), 8 jam (L4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mendapatkan mie tiaw kering dengan kualitas terbaik dibutuhkan suhu pengeringan 70 ˚C dengan lama pengeringan 6 jam agar didapatkan kadar air, lama pelunakan, dan nilai uji organoleptik rasa, aroma dan warna yang baik.

References


Anonim, 2016. Kwetiau. http://id.wikipedia.org/wiki/kwetiau/. Diakses 20 Oktober 2016, Medan.

Desrosier, N.W. 1988. Teknologi Pengawetan Pangan. Terjemahan Muchi Muljohardjo. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Erni, N., Kadirman, Fadilah, R. 2018. Pengaruh suhu dan lama pengeringan terhadap sifat kimia danorganoleptik tepung umbi talas (Colocasia esculenta). Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian 4: 95-105.

Hasnelly dan Sumartini 2011. Pengolahan Tepung Beras. Akses Tanggal 20 Oktober 2016, Medan.

Juniawati, 2003. Optimasi proses pengolahan mie jagung instan berdasarkan kajian preferensi konsumen. (Skripsi). Departemen Teknologi Pangan Dan Gizi. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Juliano, Hicks, 1990 Pengolahan Rice Flat Noodle, Program Studi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian Bogor. Bogor.

Lubis, Ikhwan Hafiz. 2008. Pengaruh suhu dan lama pengeringan terhadap mutu tepung pandan. (Skripsi). Medan: Universitas Sumatera Utara. http://repository.usu.ac.id.

Riansyah, A., Supriadi, A., dan Nopianti, R. 2013. Pengaruh Perbedaan Suhu dan Waktu Pengeringan terhadap Karakteristik Ikan Asin Sepat Siam dengan Menggunakan Oven. Jurnal Fishtech. 2(1).

SNI. 1996. Mie Kering. Departemen Perindustrian. Jakarta.

Winarno, F.G. 1997, Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Yuniarti, D,W., Titik, Eddy. 2013. Pengaruh suhu pengeringan vakum terhadap serbuk albumin ikan gabus (Ophiocephalus striatus). Jurnal THPI Student 1(1).




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v7i2.2005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License