Strategi ketahanan usaha kopi Babah Kacamata

Dwitya Yonathan Nugraharditama, Lasmono Tri Sunaryanto

Abstract


Kopi Babah Kacamata merupakan salah satu produk lokal Salatiga yang mampu bersaing dengan kopi brand terkenal dan memiliki variasi produk. Penelitian ini bertujuan :  untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang tepat dalam mempertahankan usaha Kopi Babah Kacamata, serta faktor internal dan eksternal yang berperan dalam kopi Babah Kacamata. Penelitian dilaksanakan di Kopi Babah Kacamata, Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan teknik penentuan partisipan menggunakan purposive sample, dengan partisipan sebanyak tiga yaitu pemilik perusahaan (key informan), satu karyawan dan satu konsumen berlangganan lama. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuisioner, observasi dan studi literatur. Metode analisis yang digunakan untuk uji validitas data menggunakan metode trianggulasi, analisis SWOT, Matriks IE dan QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal yang menjadi kekuatan dari kopi Babah Kacamata adalah ketersediaan biji kopi, dan kelemahan dari perusahaan kopi Babah Kacamata adalah keinginan dalam pengembangan usaha ke kota lain. Faktor eksternal yang menjadi peluang yaitu permintaan kopi Babah Kacamata dan ancaman adalah modal usaha. Prioritas strategi ketahanan usaha kopi babah kacamata adalah mempertahankan kualitas dalam proses pembuatan kopi babah kacamata dengan memanfaatkan pengetahuan mengenai proses roasting dengan standar yang diterapkan perusahaan. Kopi Babah kacamata dalam mempertahankan usaha dapat melakukan permohonan kepada pemerintah kota Salatiga dengan tujuan mengembangkan perusahaan dengan variasi produk dan perluasan pemasaran

References


Agusrinal, D.D. 2014. Perancangan strategi pemasaran pada produk anyaman pandan. Jurnal Sains, Teknoligi Dan Industri 11(2): 2.

Alghifari, M.T. 2017. Strategi pengembangan usaha pada restauran ragusa es krim Italia DKI Jakarta. Aspikom, 3(17): 78–89.

Alves, J., Soeaidy, M.S. 2015. Menengah dalam upaya penguatan modal usaha di Timor Leste. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 4(2).

Fendy, H. 2017. Strategi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi daerah. Jurnal Pengembangan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, XI(4): 1–11.

Karimah, S. 2015. Dampak pembiayaan qardhul hasan terhadap perkembangan usaha mikro (studi kasus bmt al husnayain Jakarta). Journal of Social and Agricultural Ekonomi V(2): 25–36.

Maulana, A. 2016. Penentuan prioritas strategi pariwisata dengan menggunakan metode quantitative strategic planning matrix. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian 15(1): 67-79.

Muslimin, K. 2013. Kontribusi pembiayaan perbankan syariah terhadap pengembangan usaha mikro kecil dan menengah. UIN Jakarta, XIII(5): 15–28.

Toguria, N.R., Chalil, S.I.K.D. 2012. Strategi pengembangan agribisnis kopi Mandailing (Coffea arabica). Agribisnis Fakultas Pertanian USU III(4): 45–55.

Partomo. Soejoedono, A.R. 2013. Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rohedi, M. 2014. Pengembangan, strategi mikro, usaha umkm, menengah meningkatkan, untuk masyarakat, perekonomian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 42: 21–35.

Wahyuningsih, S. 2009. Memilih usaha kecil dan pengembangannya. Didaktik 3(2): 154–163.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v7i2.2006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License