Hubungan motivasi, upah, dan lingkungan kerja dengan kinerja karyawan di PT. Perkebunan Nusantara IX Kebun Getas Salatiga, Jawa Tengah

Imam Fausi, Lasmono Tri Sunaryanto, Hendrik Johanes Nadapdap

Abstract


PT. Perkebunan Nusantara IX Kebun Getas Salatiga merupakan bagian dari divisi tanaman tahunan yang menghasilkan produk dari tanaman karet seperti RSS dan BRCR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi, upah, dan lingkungan kerja dengan kinerja karyawan di PTPN IX Kebun Getas Salatiga. Penelitian ini menggunakan 100 responden karyawan PTPN IX Kebun Getas Salatiga. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, studi pustaka, dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan SEMĀ  dengan menggunakan program komputer SPSS 20.0 dan program IBM AMOS 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan upah memiliki hubungan yang positif serta signifikan dengan kinerja karyawan, sedangkan lingkungan kerja memiliki hubungan negatif dan tidak signifikan dengan kinerja karyawan.

References


Adek, A. 2013. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Kantor PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) Pabrik Gula Lestari Nganjuk). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya. Malang.

Ferdinand, A. 2002. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen FE UNDIP. Semarang.

Hasibuan, M.S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta (ID): Bumi Aksara.

Istijanto. 2006. Riset Sumber Daya Manusia Cara Praktis Mendeteksi Dimensi-Dimensi Kerja Karyawan. Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.

Khoiriyah, L. 2009. Pengaruh Upah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Aji Bali Jayawijaya Surakarta. [Skripsi]. Surakarta (ID): Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah.

Lewa, S. 2005. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung (ID): Refika Aditama.

Priatini, A. 2012. Hubungan Motivasi dengan Kinerja Karyawan Pada PT. Aero Perdana Internusa. [Skripsi]. Bandung (ID): Universitas Widyatama.

Rani, M. 2018. Hubungan Antara Pengupahan dengan Kinerja Karyawan (Studi tentang Kinerja Karyawan BUMN/PTPN VII Rejosari, Natar, Lampung Selatan). [Skripsi]. Bandar lampung (ID): Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

Santoso, S. 2015. AMOS 22 Untuk Structural Equation Modelling:Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta (ID): Elex Media Komputindo.

Septifani, R., Fuad A., Imam, S. 2014. Pengaruh green marketing, pengetahuan dan minat membeli terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi 3(2).

Setiaji, B. 2004. Panduan Riset Dengan Pendekatan Kuantitatif. [Tesis]. Surakarta (ID): Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sialman. 2016. Hubungan Motivasi Dengan Kinerja Karyawan PTPN V Kebun Sei Rokan Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Artikel Ilmiah. Universitas Pasir Pengaraian Rokan Hulu. Riau.

Wijayanto, S.H. 2008. Structural Equation Modeling dengan LISREL 8.8. Yogyakarta (ID): Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v7i2.2008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License