Analisis kelayakan usahatani jambu biji di desa Pandean kecamatan Ngablak, Magelang

M. Prasirama Deniardhi, Bayu Nuswantara

Sari


Indonesia diberkahi kekayaan alam yang berlimpah baik dalam jenis maupun macamnya. Salah satunya adalah buah-buahan. Oleh karena itu tanaman buah-buahan tepat dikembangkan sebagai usaha agribisnis. Buah jambu biji merupakan buah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, namun harga buah jambu biji lebih rendah jika dibandingkan dengan harga buah komoditi lainya. Apabila tanaman jambu biji di panen pada saat bersama buah  lain, harga jambu biji dapat mencapai Rp 2,000/kg. Pada tingkat harga Rp 2,000 petani tidak memperoleh keuntungan dikarenakan hanya bisa menutupi biaya produksi yang dikeluarkan. Penelitian ini bertujuan menganalisis kelayakan usahatani jambu biji. Penelitian dilaksanakan di desa Pandean kecamatan Ngablak kabupaten Magelang. Penelitian dilaksanakan bulan April sampai dengan Juni 2019. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan teknik survey menggunakan kuesioner untuk mewawancarai 32 petani responden . Analisis yang digunakan dalam penelitan ini yaitu revenue Cost ratio atau R/C rasio dan Break Even Point. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa usahatani jambu biji di desa Pandean kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang layak untuk dilaksanakan di desa Pandean dengan nilai R/C rasio rata-rata per hektar sebesar 2.07 dan nilai BEP sebesar Rp 1,639 lebih kecil dari harga rata-rata sebesar Rp 3,371.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2007. Agribisnis Tanaman Buah. Swadaya. Jakarta

Anonim. 2016. Modul Budidaya Jambu Biji Dengan Teknologi MMC. Mosa Mandiri Corporation. Yogyakarta

BPS Kabupaten Magelang. (2018). Tanaman Menghasilkan dan Produksi Buah-buahan Tahunan menurut Kecamatan dan jebis buah-buahan di Kabupaten Magelang 2017. Kabupaten Magelang: Biro Pusat Statistik.

BPS Provinsi Jawa Tengah. (2018). Jumlah Tanaman Hasil Tanaman Buah - Buahan dan Sayuran Tahunan Jawa Tengah, 2010 - 2015. Kabupaten Magelang: Biro Pusat Statistik.

Nazir, M. 1988. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta

Rahim, Abd dan Diah Retno, Dwi Hastuti. 2008. Pengantar, Teori dan Kasus Ekonomika Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta.

Riyanto, Bambang. 2011. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat. Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Singarimbun, M & S. Effendi, 1995, Metode Penelitian Survey, LP3S, Jakarta.

Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. UI. Jakarta

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v8i1.2514

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.