Partisipasi masyarakat tani kelapa sawit dalam pembangunan infrastruktur jalan di desa Parmainan, Kecamatan Hutaraja Tinggi

Hairul Anwar Nasution, M. Jufri, Dian Hendrawan

Sari


Salah satu aspek penting dalam pembangunan adalah pembangunan di bidang fisik dan sosial. Hal Ini dapat diwujudkan melalui perbaikan fasilitas infrastruktur yang ada, dimana infrastruktur merupakan salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Infrastruktur seperti halnya sarana jalan keberadaannya merupakan modernisasi bangsa yang penyediaannya merupakan salah satu aspek penting guna meningkatkan kelancaran produktivitas sektor produksi dan yang tak kalah pentingnya infrastruktur jalan ini juga dapat berperan sebagai pendukung dalam menciptakan dan meningkatkan akses transportasi bagi masyarakat dalam beraktivitas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisasmita. 2006. Studi Tentang Pembangunan Infrstruktur dari pembangunan nasional di beberapa desa: Yayasan Karya Dharma. Jakarta.

Agustin, M. 2016. Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Desa Melalui Musrenbang. Jurnal Imiah, S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya.

Andreeyan, R. 2014. Studi Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur di Desa Sambutan Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. eJournal Administrasi Negara. 2 (4): 1938- 1951 ISSN 0000-0000.

Ardilah. 2014. Partisipasi Masyarakat Pedesaan Dalam Pembangunan di Beberapa Desa: Yayasan Karya Dharma. Jakarta.

Budiharjo. 2009. Peranan Pemerintah Desa untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan (Studi Kasus di Desa Mantang Besar Kecamatan Mantang Kabupaten Bintan). Tanjung Pinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Darmawi. 2014. Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi : Sebelas Maret University Press. Surakarta.

Deviyanti. 2013. “Bentuk-Bentuk Partisipasi Masyarakat Desa dalam Program Pembangunan Desa Siaga di Desa Bandung Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”. Di akses pada Tanggal 20 Maret 2019.

Hasan. 2003. Partisipasi Masyarakat pada Pembangunan Prasarana Infrastruktur Jalan Melalui Program Bantan Dana Desa, UNDIP: Semarang.

Laksana, N.S. 2013. Bentuk-Bentuk Partisipasi Masyarakat Desa dalam Progam Desa Siaga di Desa Bandung Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik 1(1).

Mustikawati. 2016. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur desa di Desa Rapak Lambur Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Ilmu Administrasi Negara Universitas Mulawarman 4(2): 2739-2752.

Mardikanto, Soebiato. 2013. Partisipasi Masyarakat Pada Pembnagunan Prasarana Lingkungan Melalui Bantuan Dana Desa di Marunda Jakarta Utara.

Rosalina, M. 2013. Kinerja Pemerintah Desa dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Kuala Lapang dan Desa Taras Kecamatan Malinau Barat Kabupaten Malinau. E-Journal Pemerintahan Integratif 1(1).

Slamet. 2003, Menyatakan bahwa partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan akan terwujud sebagai suatu kejadian nyata apabila terpenuhi faktor-faktor yang mendukungnya.

Sontang. 2015. “Bentuk-Bentuk Partisipasi Masyarakat Desa dalam Program Desa Siaga di Desa Bandung Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 1(1). Diakses pada .Tanggal 20 Maret 2019.

Sunarti. 2003 Partisipasi Masyarakat Pedesan dalam Membangun infrastruktur jalan di Desa: Yayasan karya Dhama Jakarta.

Wijayanti. 2011. Partisipasi Masyarakat dalam Membangun Pertanian modren Program Bantuan DesaCetakan 1 : Sebelas Maret Universitas Press dan LPP UNS Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v8i1.2515

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.