Hubungan antara dimensi kualitas pelayanan dan harga dengan kepuasan pengunjung di Agrowisata Inggit Strawberry Kabupaten Magelang

Hermanus Kliver Sibi, Bayu Nuswantara

Sari


Agrowisata Inggit Strawberry merupakan agrowisata yang bergerak dalam bidang bisnis pertanian kebun strawberry yang mampu bertahan di Jawa Tengah, bahkan mampu berkembang secara berkelanjutan sejak didirikannya pertama kali pada tahun 2006 oleh Pak Yanto. Penelitian ini bertujun untuk menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan: wujud fisik, kehandalan, daya tanggap, empati dan jaminan, serta harga dengan kepuasan pengunjung Agrowisata Inggit Strawberry. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2019. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental sampling. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. Hasil penelitian menunjukkan bawah wujud fisik (X1) memiliki tingkat hubungan yang rendah dan berkorelasi singnifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y), kehandalan (X2) memiliki tingkat hubungan yang sedang dan berkorelasi singnifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y), daya tanggap (X3) memiliki tingkat hubungan yang sedang dan berkorelasi singnifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y), empati (X4) memiliki tingkat hubungan yang sedang dan berkorelasi singnifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y), jaminan (X5) memiliki tingkat hubungan yang kuat dan berkorelasi singnifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y), harga (X6) memiliki tingkat hubungan yang kuat dan berkorelasi singnifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryanto, Y.T. 2006. Analisis Strategis Pengembangan Kebun Wisata Pasirmukti. [Skripsi]. Bogor (ID): Institus Pertanian Bogor.

Henry Simamora. 2000. Manajemen Pemasaran internasional. Jilid 1 Edisi Cetak 1, Salemba Empat Jakarta

Istijanto, 2005, Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

[Keptan DWAI] Kementerian Pertanian, Direktori Wisata Agro Indonesia (ID). 2013. Strategi pengebangan wisata agro diIndonesia. http://database.deptan.go.id/agrowisata/viewfitur.asp?id=3

Lupiyoadi, R. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Mamang, E.S., Sopiah. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Praktik Dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. 1997. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Publisher 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andy. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta:

Umar, H. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Raja Wali Pers. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v8i1.2522

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.