Respon pertumbuhan dan produksi tanaman padi gogo (Oryza sativa L.) dan tanaman kedelai (Glycine max L. Merrill) secara tumpang sari dengan pemberian pupuk kandang ayam dan pupuk tunggal

Nadya Arfani, Nazaruddin Hasyim, Diapari Siregar

Sari


Salah satu penyebab belum terpenuhinya kebutuhan pangan nasional adalah produktivitas yang masih rendah dan lahan pertanian yang semakin terbatas, sehingga salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk peningkatan produktivitas lahan adalah melalui sistem budidaya tumpang sari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan produksi tanaman padi gogo dan kedelai secara tumpangsari dengan pemberian pupuk kandang ayam dan pupuk tunggal. Penelitian menggunakan Rancangan Petak Terpisah faktorial tiga ulangan dengan pupuk kandang ayam dan dosis pupuk tunggal sebagai perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara mandiri pupuk kandang ayam dan dosis pupuk tunggal mampu meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman padi gogo dan kedelai secara tumpangsari, sedangkan secara kombinasi, pupuk kandang dan dosis pupuk tunggal belum mampu meningkatkan pertumbuhan dan produksi padi gogo dan kedelai secara tumpangsari. Pertumbuhan dan produksi tanaman padi gogo dan kedelai secara tumpang sari lebih optimal dengan pemberian pupuk kandang 15 t/ha dan dosis pupuk tunggal 1.5-2.0 dosis anjuran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrianto, T.T., Indarto, N. 2004. Budidaya dan analisis usaha tani kedelai, kacang hijau, kacang panjang. Absolut. Yogyakarta.

Antara. 2006. Indonesia Masih Impor Kedelai 1.2 Juta Ton. 6 Agustus 2016.

Hartatik, W., Widowati, L.R.. 2006. Pupuk Kandang, hal 59-82. Dalam Simanungkalit, R.D.M., Suriadikarta, D.A., Saraswati, R., Setyorini, D., Hartatik, W. (Eds). Pupuk Kandang. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati (Organic Fertilizer and Biofertilizer).Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian Badan Penelitian dan pengembangan pertanian, Bogor.

Pujiwati, H. 2004. Studi Penerapan Sistem Budidaya dan Cara Pengendalian Gulma Pada Pola Tumpang sari Kacang Hijau (Vigna radiate (L.)Wilczek) dan Padi (Oryza sativa L.).Tesis (tidak dipublikasikan). Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Subiksa, I.G.M. 2002.Pemanfaatan Mikoriza untuk Penanggulangan Lahan Kritis. Makalah

Susilo, E. 2004. Penerapan Sistem Budidaya dan Cara Pengendalian Gulma pada Kedelai (Glycine max (L.) Merr.)dan Padi (Oryza sativa L.) dalam Pola Tumpang sari. Tesis (tidak dipublikasikan). Institut Pertanian Bogor, Bogor




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v8i1.2554

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.