faktor-faktor ekonomi yang mempengaruhi fluktuasi harga beras di Sumatera Utara

Mariana Eva Yanti, Surya Dharma, Muhammad Ilham Riyadh

Abstract


Metode analisis yang digunakan adalah analilis deskriptif dan analisis Vector Auto Regression (VAR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Faktor-faktor yang secara dominan mempengaruhi harga beras di Sumatera Utara ada 2 yaitu yang pertama produksi 60% di karenakan semakin tinggi produksi beras maka harga beras akan mengalami penurunan dan semakin rendah produksinya maka harga beras akan mengalami kenaikan dan faktor kedua yaitu inflasi 38% di karenakan bila harag beras secara terus menerus mengalami kenaikan kan terjadi inflasi, tetapi berbeda dengan kenyataannya harga beras mengalami fluktuasi yang disebabkan oleh kestabilan harga beras. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi harga beras di Sumatera Utara dalam jangka pendek yang signifikan yaitu inflasi dan dalam jangka panjang terdapat lima faktor yang singnifikan yaitu produksi (prod), luas panen (field), pendapatan (inc), konsumsi (cons) dan inflasi (inf). 3) Dari Analisis Impulse Response Function dapat di ketahui bahwa kestabilannya yaitu variabel produksi (Prod) mencapai kestabilan pada periode ke- 25 ,variabel luas penen (Field) mencapai kestabilan pada periode ke-28, variabel consumsi (Cons) mencapai kestabilan pada periode ke- 25, variabel pendapatan (Inc) mencapai kestabilan pada periode ke-20, variabel inflasi (Inf) mencapai kestabilan pada periode ke- 27.

Full Text:

PDF

References


Ariel, 2011.Jurnal Penelitian Rhemo Adiguno dan Luhut Sihombing Analisis Akses Pangan di Provinsi Sumatera Utara.USU 2012. BPS. Badan Pusat Statistik. 2015. Indonesia dalam Angka 2016. Dimas, 2014.Jurnal Penelitian Dimas Brianto Pengaruh Produksi Beras, Impor Beras, Tingkat Konsumsi Beras Terhadap Harga Beras di Indonesia.UIN Syarif Hidayatullah 2015.

Firdaus, 2014.Jurna Penelitian Rhemo Adiguno dan Luhut Sihombing Analisis Akses Pangan di Provinsi Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara 2012. Husnul, 2014.Jurnal Penelitian Paul Rocky Siregar Analisis Penawaran Beras di Suamatera Utara.Universitas Sumatera Utara 2015. Kartika, 2011.Jurnal Penelitian Dimas Brianto Pengaruh Produksi Beras, Impor Beras, Tingkat Konsumsi Beras Terhadap Harga Beras di Indonesia.UIN Syarif Hidayatullah 2015. Lia, 2010.Jurnal Penelitian Dimas Brianto Pengaruh Produksi Beras, Impor Beras, Tingkat Konsumsi Beras Terhadap Harga Beras di Indonesia.UIN Syarif Hidayatullah 2015. Noer dan Agus, 2007. Jurnal Penelitian Dimas Brianto Pengaruh Produksi Beras, Impor Beras, Tingkat Konsumsi Beras Terhadap Harga Beras di Indonesia.UIN Syarif Hidayatullah 2015. Pratiwi, 2011.Jurna Penelitian Rhemo Adiguno dan Luhut Sihombing Analisis Akses Pangan di Provinsi Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara 2012. Risya, 2011.Jurnal Penelitian Rhemo Adiguno dan Luhut Sihombing Analisis Akses Pangan di Provinsi Sumatera Utara.USU 2012. Riyadi, 2012.Jurnal Penelitian Dimas Brianto Pengaruh Produksi Beras, Impor Beras, Tingkat Konsumsi Beras Terhadap Harga Beras di Indonesia.UIN Syarif Hidayatullah 2015. Sadono Sukirno, 2015. Makro Ekonomi.Edisi ketiga. Jakarta.

Sierdjo, 2012.Jurnal Penelitian Dimas Brianto Pengaruh Produksi Beras, Impor Beras, Tingkat Konsumsi Beras Terhadap Harga Beras di Indonesia.UIN Syarif Hidayatullah 2015. Sugema, 2005.Jurnal Penelitian Dimas Brianto Pengaruh Produksi Beras, Impor Beras, Tingkat Konsumsi Beras Terhadap Harga Beras di Indonesia.UIN Syarif Hidayatullah 2015. William, 2015.Jurnal Penelitian Paul Rocky Siregar Analisis Penawaran Beras di Sumatera Utara.Universitas Sumatera Utara 2015. Zulham, 2012.Jurnal Penelitian Paul Rocky Siregar Analisis Penawaran Beras di Sumatera Utara.Universitas Sumatera Utara 2015. Zein, 2010.Jurnal Penelitian Rhemo Adiguno dan Luhut Sihombing Analisis Akses Pangan di Provinsi Sumatera Utara.USU 2012.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v8i2.3085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License