Efektivitas media komunikasi pemasaran agrowisata (Studi Kasus: Hortimart Agro Center, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah)

Merkarius Fristian Dies, Maria Maria

Abstract


Hortimart Agro Center merupakan agrowisata yang menawarkan pengalaman berkunjung yang menyenangkan dan mendidik. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara karakteristik pengunjung Hortimart Agro Center dengan efektivitas media komunikasi pemasaran. dan mengetahui hubungan antara bentuk komunikasi pemasaran yang digunakan dengan efektivitas media komunikasi pemasaran serta mengetahui tingkat efektivitas media komunikasi pemasaran. Penelitian dilaksanakan dari Desember 2019 sampai Januari 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 60 sampel. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara. observasi. angket. dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia (X1.1) memiliki korelasi dengan aspek kognitif dan aspek afektif. Tingkat pendidikan (X1.2) memiliki korelasi dengan aspek konatif. Pekerjaan (X1.3) memiliki korelasi dengan aspek afektif. Motivasi (X1.4) memiliki hubungan dengan aspek konatif. sedangkan jangkauan geografis (X1.5) tidak berkorelasi dengan aspek kognitif. aspek afektif. maupun aspek konatif. Pada variabel bentuk komunikasi pemasaran (X2) diketahui bahwa ragam media (X2.1) dan frekuensi penerimaan pesan (X2.2) sama-sama hanya berkorelasi dengan aspek kognitif. Pada variabel efektivitas media komunikasi pemasaran (Y) dapat dilihat bahwa aspek kognitif menunjukkan tingkatan sedang. untuk aspek afektif dan aspek konatif sama-sama menunjukkan tingkatan yang tinggi.

Full Text:

PDF

References


Amalia, R. 2012. Hubungan efektivitas komunikasi pemasaran agrowisata Kebun Raya Cibodas dengan perilaku pengunjung [Tugas akhir]. Bogor (ID): Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Ariyanti, Q.C. 2017. Efektivitas media komunikasi pemasaran kawasan agrowisata [Tugas akhir]. Bogor (ID): Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.

Chella, Q. 2017. Efektivitas Media Komunikasi Pemasaran Kawasan Agrowisata (Studi Kasus: Sabisa Farm, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat) [Skripsi]. Bogor (ID): Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.

Ikhsania, A.A. 2015. Efektivitas media komunikasi pemasaran Kampoeng Wisata Cinangneng [Tugas akhir]. Bogor (ID): Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung (ID): Alfabeta.

Wahyuni, S. 2014. Efektivitas Media Komunikasi Pemasaran Agrowisata Kuntum Nurderies [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v8i3.3531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License