Strategi pemasaran komoditi kopi di kios Bu Sus di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang

Satria Dwi Tama, Bayu Nuswantara

Abstract


Perkembangan budidaya kopi, perdagangan komoditas kopi dan industri pengolahannya saat ini sangat bagus, dengan semakin dikenalnya kopi Indonesia di pasaran dalam negeri serta di manca negara. Kabupaten Temanggung dan kabupaten Semarang merupakan wilayah sentra penghasil kopi di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Perdagangan kopi dan hasil bumi lainnya di Kabupaten Semarang juga berkembang dengan pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran komoditi kopi yang dilakukan Kios  Bu Sus dan untuk menganalisis peran strategi pemasaran komoditi kopi dalam menjalankan bauran pemasaran di Kios Bu Sus. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan tehnik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi generik pemasaran kopi yang digunakan di Kios Bu SUS adalah strategi Fokus dengan menerapkan keunggulan biaya rendah dan deferensiasi pada segmen terbatas tersebut. Kios Bu SUS juga menetapkan harga yang rendah dan bersaing dengan tetap menjaga kualitas kopi biji untuk pembeli kopi yang telah menjadi pelanggan yang didapat dari petani kopi dan pengepul desa di sekitar Sumowono dan menjual kopi ke produsen kopi bubuk dan pemilik kafe kopi. Memasarkan kopi dengan penjualan langsung ke pembeli. Kios Bu SUS, memilih lokasi di sekitar pasar tradisional Sumowono untuk memudahkan: penanganan produk, distribusi dan pergudangan, dan  proses pemesanan produk kopi.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jendral Perkebunan. 2019. Sekertariat of Direktur general, of Eestetis Desember Jakarta.

Listyati, D., Sudjarmoko, B., Hasibuan, A., Randriani, E. 2017. Analisis usaha tani dan rantai tata niaga kopi Robusta di Bengkulu. Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar. Optimasi Potensi Sumber daya..

Moleong, L.J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, (edisi revisi). Bandung (ID): Remaja Rosdakarya.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta (ID): Erlangga.

Kadek, S. 2019. Analisis produksi, konsumsi, an ekspor komoditi kopi Indonesia. Tersedia pada: http://student.research.umm. ac.id/index.php/dept_of_agribsnis/articel/view/ 3727.23 jun 2019

Najiyati, S., Danarti. 2001. Kopi, Budidaya, dan Penanganan Lepas Panen. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Porter, Michael E. 1994. Keunggulan Bersaing: menciptakan dan mempertahankan kinerja unggul. Jakarta (ID): Erlangga.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung (ID): Alfabeta.

Sutopo, A.H, Arif, A. 2006. Trampil mengolah data kualitatif Dengan NVIVO. Jakarta (ID): Prenada Media Group.

Widaningsih, R. 2018. Outlook Kopi Indonesia 2018. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin). Kementerian Pertanian 2019.

Yusdiali, W. 2008. Pengaruh Suhu dan Lama Penyangraian terhadap Tingkat Kadar Air dan Keasaman Kopi Robusta (Coffea robusta). Disertasi. Universitas Hasanuddin. Makasar.Nazir. 2009. Manajemen Strategis. Tigaserangkai.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v9i2.4117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License