Pengaruh ekstrak kasar biji sirsak (Annona muricata L.) terhadap hama kepik penghisap polong (Nezara viridula L.) (Hemiptera: Pentatomidae) pada tanaman kedelai (Glycine max L. Merr.)

Asmanizar Asmanizar, Diapari Siregar, Abdi Abdillah Manullang

Abstract


Kepik penghisap polong Nezara viridula (Hemiptera: Pentatomidae) merupakan hama yang sering menyerang polong tanaman kedelai. Penggunaan insektisida kimia sintetis dalam usaha pengendalian kepik hijau dapat menimbulkan dampak negatif terhadap makhluk non-target dan lingkungan. Ekstrak bahan tanaman merupakan alternatif pengendalian N. viridula.   Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak kasar biji sirsak terhadap hama kepik penghisap polong kedelai. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Non-Faktorial dengan 4 perlakuan yaitu kontrol, konsentrasi 0.125; 0.25 dan 0.5% dan enam ulangan yang dilaksanakan di rumah kasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi ekstrak kasar biji sirsak mempengaruhi mortalitas kepik, persentase polong terserang, persentase polong hampa, persentase biji terserang dan produksi biji. Konsentrasi ekstrak biji sirsak 0.5% dan 0.25% mampu menyebabkan mortalitas kepik pada tanaman kedelai berturut-turut 100% dan 76.7% pada 3 hari setelah aplikasi. Persentase polong terserang dan biji terserang pada konsentrasi 0.5% menunjukkan hasil terbaik (2.52 dan 3.35%) berbanding kontrol (16.45 dan 32.68%). Sedangkan persentase polong hampa, perlakuan konsentrasi ekstrak kasar 0.25 dan 0.5% menunjukkan efek yang tidak berbeda nyata (22.95 dan 21.84%). Hal yang sama terjadi pada produksi yaitu 9.49 dan 10.05 g/tanaman. Ekstrak kasar sirsak potensial untuk mengendalikan kepik N. viridula pada tanaman kedelai

Full Text:

PDF

References


Asmanizar, Aldywaridha, Sumantri, E., Lubis, R.M., Siregar, D., Fenti. M. 2019. Evaluation of potential plant crude extrats against green stink bug Nezara viridula Linn.(Hemiptera: Pentatomidae). Serangga 24(2): 15-24.

Dodia, D.A., Patel, I.S., Patel, G.M. 2008. Botanical Pestisides for Pest Management. Scientific Publisher Jodhpur. 354p.

Kalshoven, L.G.E. 1981. The Pests of Crops in Indonesia. Ikhtiar Baru, Van Hoeve, Jakarta, 769 p.

Koswanudin, D. 2010. Insektisida Biorasional Untuk Mengendalikan Hama Kepik Hijau (Nezara viridula) pada Kedelai. Inovasi Teknologi untuk Pengembangan Kedelai Menuju Swasembada: Prosiding Seminar, Balitkabi. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan.

Marwoto. 2007. Dukungan Pengendalian Hama Terpadu dalam Program Bangkit Kedelai. Balai penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian.

Maryani, I. 1995. Toksisitas Ekstrak Kasar Biji Sirsak (Annona muricata Linn.) dan Daun Saliara (Lantana camara Linn.) secara Tunggal Maupun Campurannya terhadap Larva Spodoptera exigua Hubner (Lepidoptera: Noctuidae) pada Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum Linn.) di Laboratorium, Tesis Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Bandung.

Prakash, A., Rao, J. 1997. Botanical Pesticides in Agriculture. Lewis Publishers. Boca Raton, New York, London, Toronto, 461 pp.

Wiratno. 2011. Efektifitas Pestisida Nabati Berbasis Minyak Jarak Pagar, Cengkeh, dan Serai Wangi terhadap Mortalitas Nilaparvata lugens. In: Semnas Pesnab IV. Jakarta, 15 Oktober 2011: 19-28.

Yanuwiadi, B., Leksono, A., Hiasinta, G., M. Fathoni, dan Bedjo. 2013. Potensi Ekstrak Daun Sirsak, Biji Sirsak dan Biji Mahoni untuk Pengendalian Ulat Grayak (Spodoptera litura) Jurnal Universitas Brawijaya, Malang dan Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian, Malang.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v8i1.4398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License