Pengaruh ekstrak bahan lokal terhadap viabilitas benih kacang tanah lokal Walakari (Arachis hypogaea L.)

Marlin Rambu Nona, Yonce Melyanus Killa, Lusia Danga Lewu

Abstract


Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) merupakan komoditas kacang-kacangan utama di Indonesia karena memiliki sumber protein nabati dan nilai gizi yang tinggi. Salah satu penyebab yang menghambat upaya peningkatan produksi kacang tanah yaitu rendahnya benih yang bermutu tinggi yang dapat dipengaruhi oleh lama penyimpanan benih. Salah upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi rendahnya mutu suatu benih yaitu melakukan pengujian mutu benih secara dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa bahan lokal terhadap viabilitas benih kacang tanah. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Terpadu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba. Penelitian dilaksanakan pada bulan November -Desember 2021. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan acak lengkap dengan 10 Perlakuan dan 2 ulangan, perlakuannya antara lain: Kontrol, Air kelapa 50 mL/L air aquadest, 150 mL/L aquadest, 250 mL/L aquadest, Ekstrak daun sirih 50 mL/L aquadest, 150 mL/L aqudest, 250 mL/L aquadest, dan Ekstrak cabai 50 mL/L aquadest, 150 mL/L aquadest, 250 mL/L aquadest. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji daya kecambah dengan menggunakan air kelapa dengan konsentrasi 150 mL/L aquadest mencapai 90%, pada pengujian keserempakan tumbuh pada perlakuan air kelapa dengan konsentrasi 150 mL/L aquadest mencapai 66.67%, serta pengujian indeks vigor pada perlakuan air kelapa dengan konsentrasi 150 mL/L aquadest mencapai 3’3%.


Full Text:

PDF

References


Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi. 2015. Laporan Tahun 2015 Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi di Sumba Timur.

Gusrandi, Y., M. Mardhiansyah dan T. Arlita. (2014). Peranan Air Daun Sirih (Piper betle Linn.) Dalam Menjaga Kualitas Benih Sengon (Paraserianthes falcataria).

Katuuk. J.R. P., (2000). Aplikasi Mikropropagasi Anggrek Macan (Gram matohyllum Scriptum). Jurnal Penelitian IKIP Manado. I(IV): 290-298.

Kementrian Pertanian. 2016. Petunjuk Teknis Pengelolaan Produksi Kacang Tanah dan Kacang Hijau. Kementrian Pertanian Direktorat Jendral Tanaman pangan.

Lubis, A., D. Hutagaol dan M. Manik (2021). Aplikasi Pupuk Organik Urin Kambing dan Pupuk P terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogae L.). Jurnal Agrofolium 1(1):1-8

Sadjad, S., E. Murniati dan S. Iiyas. (1999). Parameter Pengujian Vigor Benih. Dari Komperatif ke Simulatif. Jakarta: PT. Grasindo-PT. Sang Hyang Seri.

Seswita, D. 2010. Penggunaan Air Kelapa Sebagai Zat Pengatur Tumbuh Pada Multiplikasi Tunas Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb) In Vitro. J. Littri. 16(4): 135-140.

Sudjadi, B. (2006). Biologi Sains dalam kehidupan. Surabaya: Yudhistira.

Tiwery, R, R. 2014. Pengaruh Penggunaan Air Kelapa (Cocos nucifera) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi. Biopendix. 1(1): 86-94

Widianti, Andika. 2010. Uji Toksisitas Akut Ekstrak Etanol Buah Cabai Rawit (Capsacum frutescens) Terhadap Larva Artemia Salina Leach Dengan Metode Brine Shrip Lethality Test (BST). Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang.

Widyastoeti. D. S, S. Kusumo dan Syafni. 2007. Pengaruh Tingkat Ketuaan Air Kelapa dan Jenis Kelapa Terhadap Pertumbuhan Planlet Anggrek




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v9i3.5005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License