Pengaruh ekstrak kasar serai wangi (Cymbopogon nardus L.) terhadap intensitas serangan ulat grayak (Spodoptera frugiperda) (Lepidoptera: Noctuidae) pada tanaman jagung manis (Zea mays saccharata)

Armansyah Silalahi, Asmanizar Asmanizar, Muhammad Rizwan, Aldywaridha Aldywaridha

Abstract


Spodoptera frugiperda merupakan hama infasiv di Indonesia, menyerang tanaman jagung dan menimbulkan serangan berat. Serai wangi (Cymbopogon nardus) mengandung senyawa metabolit sekunder yang dapat mempengaruhi serangga. Penelitian ini menggunakan ekstrak kasar serai wangi yang diperoleh dengan ekstraksi konvensional menggunakan pelarut air, diaplikasikan pada konsentrasi 10 dan 15%. Ekstrak kasar serai wangi yang diperoleh dengan ekstraksi soxchlet menggunakan pelarut aseton diaplikasikan pada konsentrasi 0.25 dan 0.5% pada tanaman jagung yang terserang S. frugiperda. Siantraniliprol konsentrasi 0.2% digunakan pada penelitian ini untuk membandingkan dengan insektisida sintetik. Perlakuan kontrol menggunakan air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kasar serai wangi yang diperoleh melalui ekstraksi soxhlet menunjukkan efek pengendalian yang baik dibandingkan dengan ekstraksi konvensional dengan air. Konsentrasi aplikasi ekstrak kasar yang diperoleh dengan soxhlet 0.5% menunjukkan efek pengendalian yang sama dengan insektisida siantraniliprol dengan intensitas serangannya yaitu masing-masing 24.65% dan 18.06%, sedangkan konsentrasi 0.25% belum menunjukkan efek yang baik dengan intensitas serangan 34.03% tidak berbeda nyata aplikasi ekstrak serai wangi yang diperoleh dengan ekstraksi konvensional dengan air konsentrasi 15% dengan intensitas serangan 40.97%. Sementara itu konsentrasi 10% menunjukkan efek yang sama dengan kontrol, yaitu masing-masing 53.13 dan 65.97%. Ekstrak kasar serai wangi yang diperoleh dengan ekstraksi soxhlet konsentrasi 0.5% mempunyai potensi dalam mengendalikan S. frugiperda pada tanaman jagung manis.


Full Text:

PDF

References


Akinbuluma, M.D., Ewete, F.K., Yeye, E.O. 2017. Phytochemical investigations of Piper guineense seed extract and their effects on Sitophilus zeamais (Coleoptera: Curculionidae) on stored maize. J. Crop Prot. 2017, 6 (1): 45-52

Anggitha, I. 2012. Performa Flokulasi Bioflokulan DYT pada Beragam Keasaman dan Kekuatan Ion terhadap Turbiditas Larutan Kaolin. Universitas Pendidikan Indonesia: Jakarta

BBPOPT. 2020. Pengenalan dan Pengelolaan Hama Invasif Ulat Grayak Spodoptera frugiperda. Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan.

CABI. 2019. Spodoptera frugiperda (Fall Armyworm). https:// www.cabi.org/ ISC/fallarmy worm. Diakses pada tanggal: 28 Juni 2019.

Davis, F.M., Ng, S.S., Williams, W.P. 1992. Visual Rating Scales for Screening Whorl-Stage Corn for Resistance to Fall Armyworm. Mississippi: Mississippi State University.

Direktorat Jenderal Tanaman Pangan. 2018. Petunjuk Teknis Pengamatan dan Pelaporan Organisme Pengganggu Tumbuhan dan Dampak Perubahan Iklim (OPT-DPI). Jakarta: Kementerian Pertanian.

Dodia, D.A., Patel, I.S., Patel, G.M. 2008. Botanical Pesticides for Pest Management. Scientific publisher (India)

Gomarjoyo H, Ahmed Khomeini, Dwi Rahman, Ari Susandy Sanjaya. Juli 2015 Pengaruh Jenis Pelarut terhadap Rendemen Minyak Sereh Wangi.Ekuilbrium Vol.14. No. 2. : 57 – 61.

Kementerian Pertanian. 2019. Pengenalan Fall Armyworm (Spodoptera frugiperda J. E. Smith) Hama Baru pada Tanaman Jagung di Indonesia. Jakarta (ID): Balai Penelitian Tanaman Serealia. 64 p

Nakahara, K., N. S., Alzura K yt., Yoshihashi, H. T. T. Nguyen, and G. Trakoontivakorn. 2003. Komposisi kimia dan Aktivitas Anti Jamur Minyak Atsiri &PERSRJR Q_ Q GXV (Citronella Grass). JARQ.37(4):249-252.

Prakash, A., Rao, J. 1997. Botanical Pesticides in Agriculture. Lewis Publisher, New York.

Prasetyani, E. 2010. Uji Persistensi Minyak Serai Wangi terhadap Hama (Heliothis armigera) pada Tanaman Cabai Di Rumah Kaca. Tersedia: http://www.google.co.id /?gws_rd=cr&ei=gjL1U_ytE9iju gT0lYDwAw diunduh pada 21 Agustus 2014 07:32.

Selby, T. P., G. P. Lahm, T. M. Stevenson, K. A. Hughes, D., Cordova, I. B., Annan, J.D., Barry, E. A., Benner, M. J., Currie & T. F. Pahutski. 2013. Discovery of Cyantraniliprole, a potent and selective anthranilic diamide ryanodine receptor activator with cross-spectrum insecticidal activity. Bioorganic & Medicinal Chemistry Letters 23:6341–6345.

Sisay. B., T. Tefera, M. Wakgari, G. Ayalew dan E. Mendesil. 2019. The efficacy of selected synthetic insecticides and botanicals against fall armyworm, Spodoptera frugiperda, in maize. Insects 10(45): 1-14.

Troy, D. B. 2005. The Science and Practice of Pharmacy. Lippincott Williams and Wilkins, Philadelphia.

Wiratno. 2011. Efektifitas Pestisida Nabati Berbasis Minyak Jarak Pagar, Cengkeh, dan Serai Wangi terhadap Mortalitas Nilaparvata lugens Stal. Semnas Pesnab Iv. Hal 19-28.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v9i3.5085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License