Analisis Vegetasi Gulma di Lahan Jagung Di Desa Umbu Pabal Selatan Kabuapten Sumba Tengah

Fiter Karenga, Yonce M Killa, Suryani Kurniawi K. L Kapoe

Abstract


Gulma merupakan tumbuhan pada lahan tanaman jagung yang tidak dikehendaki keberadaannya karena menimbulkan kerugian bagi tanaman jagung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis vegetasi gulma pada pertanaman jagung dan mengetahui tingkat kepadatan gulma pada pertanaman jagung di Desa Umbu Pabal Selatan Kabupaten Sumba Tengah. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2021 sampai Januari 2022. Metode yang dilakukan adalah metode sampling kuandran. Pengambilan sampel di lakukan di 15 titik pada 3 lokasi berbeda yang ditentukan dengan metode kuadran sampling. Analisis data meliputi analisis vegetasi dengan menghitung Summed dominasi ration/perbandingan nilai penting (SDR) dan analisis keragaman hayati yang di hitung dengan indeks diversitas Shannon-Wienner. Hasil penelitian diperoleh  9 jenis gulma dengan vegetasi gulma yang dinilai berdasarkan nilai SDR yaitu nilai tertinggi adalah gulma B. alata dengan nilai SDR 55,63 yang diikuti I. cylindrical dengan nilai 20,66 dan gulma yang paling rendah yaitu S. anthelmia L, dan O. gratissimum dengan nilai yang sama yaitu 0,13. Hasil perhitungan nilai indeks keragaman masing-masing gulma dalam klasifikasi rendah sedangkan total gulma dalam klasifikasi sedang

Full Text:

PDF

References


Afiati, R., Eva, B., Ananto, A. 2018. Kontribusi Usaha Tani Tanaman Jagung Program PHBM Terhadap Pendapatan Penduduk Desa Kaligayam Kecamatn Margasari Kabuppaten Tegal. Geo Image, 7(2): 101-110.

Afrianti, I., Yolanda, R., Purnama, A.A. 2015. Analisis Vegetasi Gulma Pada Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis Quinensis Jacq.) Di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Mahasiswa Prodi Biologi UPP, 1(1)

Anggraini, R. 2015. Analisis vegetasi Gulma Pada Lahan Kering dan Tergenang: Studi Kasus Di Lahan Praktikum Budidaya Tanaman Pangan Poleteknik Tonggak Equator Pontianak. Poleteknik Tonggak Equator.

Ernawati, N.M.L., Ngawit, l.K. 2015. Eksplorasi dan identifikasi gulma, hijauan pakan dan limbah pertanian yang dimanfaatkan sebagai pakan ternak di wilayah lahan kering Lombok Utara. Buletin peternakan, 39(2): 92-102.

Harahap, F.S. 2019. Analisis Vegetasi Gulma di lahan Tanaman Jagung (Zea mays L). Jurnal Pertanian Tropic, 6(2): 216-221.

Karya, EK, Febrianti, R. 2021. Pengaruh Sistem Budidaya Tanah dan Penenganan Gulma Terhadap Pertumbuhan Hasil Jagung Manis (Zea Mys Saccaharata Sturt.) Varientas Paragon. AGRO TATANEN I Jurnal Ilmu Pertania, 3(2): 20-26.

Kastanja, A.Y. 2012. Identifikasi Jenis dan Dominansi Gulma Pada Pertanaman Padi Gogo. (Studi Kasus di Kecamatan Tobelo Barat, Kabupaten Halmahera Utara). Balai Penyuluhan Pertanian. Halmahera Utara.

Okasari, A.A. 2017. Analisis vegetasi gulma pada pertanaman jagung dan hubunganya dengan pengendalian gulma di Lambung Bukit, Padang, Sumatera Barat. Jurnal sains Natural, 4(2): 135-142.

Purba, E., Sabrina, T. 2017. Pertumbuhan dan produksi jagung (Zea mays L) pada berbagai penelolaan gulma di Kabuapten Deli Serdang. Jurnal Pertanian Tropis, 4(3): 190-195.

Sari, Yetti K., Ainin Niswati, M.A. Syamsul A., Yusnaini, S. 2015. Pengaruh Sistem Olah Tanah Dan Aplikasi Herbisida Terhadap Populasi Dan Biomassa Cacing Tanah Pada Pertanaman Ubi Kayu (Manihot utilissima). J. Agrotek Tropika, 3(3): 422 – 426

Suveltri, B., Syam, Z., Solvieni, 2014. Analisis Vegetasi Gulma Pada Peretanaman Jagung (Zea mays L) Pada Lahan Olah Tanah Maksimal Di Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Biologi. 3(2): 103-103-108.

Yuliana, A.I., Ami, M.S. 2020. Analisis Vegetasi Dan Potensi Pemanfaatan Jenis Gulma Pasca Pertanaman Jagung. Jurnal agroteknologi pasuruaan 4(2): 20-28.

________________________ 2021. Keragaman Dan Potensi Pemanfaatan Vegetasi Gulma Pasca Pertanaman Padi di Desa Penggaron Kecamatan Mojowarno Kabupaten jombang. Saintekbu: Jurnal Sain dan Teknologi, 13(01): 1-7




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v10i1.5161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License