Respon Pertumbuhan dan Hasil Kacang Hijau (Vigna radiata L) dengan Pemberian Mol Keong Mas dan Kompos Tandan Kosong Kelapa Sawit Pada Tanah Ultisol

Mayawi Mayawi, Chairani Siregar, Indra Gunawan

Abstract


Kacang hijau termasuk tanaman pangan yang sudah lama dibudidayakan di Indonesia, baik di lahan tegalan, lahan sawah tadah hujan, dan lahan sawah pada musim tanam yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil kacang hijau melalui pemberian mol keong mas dan kompos tandan kosong kelapa sawit pada tanah ultisol. Penelitian dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian UISU, Gedung Johor, Medan, Sumatera Utara. Penelitian ini mengunakan Rancangan Acak Kelompok faktorial dengan tiga ulangan dan dua faktor perlakuan yaitu MOL Keong Mas dan kompos TKKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kompos TKKS dengan dosis 15 t/ha dan MOL Keong Mas dengan konsentrasi 225 mL/L/polibeg mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil kacang hijau


Full Text:

PDF

References


Adisarwanto T. 2003. Meningkatkan produksi kacang tanah di lahan sawah dan lahan kering. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Buckman HO, Brady NC. 1982. Ilmu Tanah. Terjemahan Soegiman. Jakarta (ID): Bharata Karya Aksara.

Damanik MMB, Hasibuan BE, Fauzi, Sarifuddin, Hanum H. 2011. Kesuburan Tanah dan Pemuukan. Medan (ID): USU Press.

Damayanti DPO, Handoyo T, Slameto. 2018. Pengaruh Ammonium (NH4+) dan Nitrat (NO3-) terhadap pertumbuhan dan kandungan minyak atsiri tanaman kemangi (Ocimum basilicum) dengan sistem hidroponik. Jurnal Agritrop, 16 (1): 163-175.

Gardner FP, Pearce RB, Mitchell RL. 2011. Diterjemahkan oleh Herawati, S. Fisiologi Tumbuhan Budidaya. Jakarta (ID): Universitas Indonesia.

Hardjadi MMSS. 1991. Pengantar Angronomi, Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan N, Lestari AP, Martino D. 2020. Pengaruh pemberian mikroorganisme lokal keong mas pengganti pupuk anorganik pada tanaman kedelai. SAINTIFIK: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 6(2): 130-135.

Lingga P, Marsono. 2005. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Mayani N, Kurniawan T, Marlina. 2015. Pertumbuhan tanaman kangkung darat (Ipomea reptans Poir) akibat perbedaan dosis kompos jerami dekomposisi MOL keong mas. Lentera, 15(13): 59-63.

Murbandono. 2014. Kompos dan Cara Pembuatannya. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Ningtyas VA, Lia YA. 2010. Pemanfaatan tandan kosong kelapa sawit sisa media jamur merah (Volvarella volvaceae) sebagai pupuk organik dengan penambahan aktivator Effective Microorganisme EM-4 [Skripsi]. Surabaya (ID): Fakultas Teknik Kimia. Institut Teknologi Surabaya.

Pane SI, Mawarni L, Irmansyah T. 2013. Respons pertumbuhan kedelai terhadap pemangkasan dan pemberian kompos TKKS pada lahan ternaungi. Jurnal Online Agroekoteknologi, 2(1): 393-401.

Rosmawaty T, Sutriana S, Murdiono. 2018. Aplikasi MOL keong mas dan TSP dalam meningkatkan produksi tanaman kacang tanah (Arachis hypogaea L). Prosiding Seminar Nasional Dalam Rangka Dies Natalis UNS Ke 42 Tahun 2018, 2(1): 10-17.

Suharto H, Kurniawati N. 2008. Keong Mas dari Hewan Peliharaan menjadi Hama Utama Padi Sawah. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi [Internet]. [Diakses Juli 30 2021]. Tersedia pada: http://bbpadi.litbang.deptan.go.id/index.php/.

Suhastyo AA, Anas I, Santosa DA, Lestari Y. 2013. Studi mikrobiologi dan sifat kimia mikroorganisme lokal (MOL) yang digunakan pada budidaya padi metode SRI (System of Rice Intensification). Sainteks, X(2): 29-39.

Sumartoyo. 2016. Pengaruh bokashi tandan kosong kelapa sawit terhadap pertumbuhan dan hasil kacang hijau (Phaseolus radiatus L.). PIPER, 12(23): 93-99.

Thabrani A. 2011. Pemanfaatan Kompos Ampas Tahu Untuk Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit. [Skripsi]. Pekanbaru (ID): Fakultas Pertanian UNRI, Riau.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v10i1.5549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License