Analisis Pemasaran Jagung Hibrida (Zea mays L) (Studi Kasus: Di Desa Deli Tua Kecamatan Namo Rambe Kabupaten Deli Serdang)

Dedi Kusbiantoro, Khairunnisyah Nasution

Abstract


Jagung hibrida merupakan keturunan pertama dari persilangan dua tetua yang memiliki karakter/sifat yang unggul. Shull (1908) merupakan orang yang pertama kali menemukan bahwa hasil persilangan sendiri tanaman jagung mengakibatkan terjadinya depresi inbreeding. Pemasaran merupakan hal-hal yang sangat penting setelah selesainya produksi pertanian.Kondisi pemasaran menghasilkan suatu siklus atau lingkungan pasar suatu komodi tersebut. Bila pemasarannya tidak lancar dan tidak memberikan harga yang layak bagi petani, maka kondisi ini akan mempengaruhi motivasi petani, akibatnya penawaran akan berkurang, kurangnya penawaran akan menaikkan harga. Setelah harga naik, motivasi petani akan naik, mengakibatkan harga akan jatuh kembali (Ceteris paribus). Efisiensi pemasaran adalah maksimisasi dari rasio input dan output. Perubahan yang mengurangi biaya input tanpa mengurangi kepuasan konsumen akan meningkatkan efisiensi. Sedangkan perubahan yang mengurangi biaya input tetapi mengurangi kepuasan konsumen akan menurunkan efisiensi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Abdi, Ibrahim. 2018. Analisis Pemasaran Jagung. Departemen Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara. Skripsi Medan.

Anonim.2012. http://digilib.unila.ac.id/1169/8/BAB%20II.pdf. (diakses pada tanggal 10 Oktober 2019).

Asmarantaka, Ratna W. 2009. Pemasaran Produk-produk Pertanian.IPB Press. Bogor.

Asmita, Nada. 2019. Pemasaran Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt) Menggunakan Pendekatan Analisis Kinerja Pemasaran. Skripsi UMSU. Medan.

Dahl, Dale A. dan Jerome W. Hammond. 1977. Market and Price Analysis. Mc. Graw Hill. New York.

Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan, 2018. https://pertanian.pontianakkota. go.id/artikel/47-mengenal-jagung-di-indonesia.html. Pontianak (Diakses 15 Oktober 2019).

Ginting, Paham. 2006. Pemasaran Produk Pertanian. USU Press. Medan.

Gumilar, R. 2008. Di Desa Analisis Pemasaran Salak Cikondang, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat. Skripsi.IPB.

Kotler, philip.2003. Manajemen Pemasaran Jilid 3. PT. Perhanhalindo. Jakarta.

Philip. 20018. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat Jakarta.

Pratiwi, E. 2010.Strategi Pemasaran Industri Madu PT Madu Pramuka di Kabupaten Batang.[Skripsi on-line].Internet. http://core.ac.uk/down-load/pdf/1650723. pdf. (Diunduh 20 September 2019).

Reny. 2017. Pemasaran Jeruk Kasturi. Jurusan Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Sumatera utara.Skripsi. Medan.

Rosdiana S. 2009. Analisis Pemasaran Sayuran Organik di PT Agro Lestari Ciawi Bogor [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Sarasutha, IG.P. 2002. Kinerja usahatani dan pemasaran jagung di sentra produksi. Jurnal Litbang Pertanian. Vol. 21(2): 39 – 47.

Sihombing, L. 2011. Tataniaga Hasil Pertanian. Medan: USU Press.

Soeharjo. 2010. Sendi-sendi Pokok Usahatani. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Soekartawi, A. Soeharjo, John L Dillon, dan J. Brian Hardaker. 1986. Ilmu Usahatani dan Penelitian untuk Pengembangan Petani Kecil.Universitas Indonesia. Jakarta.

Sudiyono, A., 2004. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.

Sugiyono. 2016. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Xerma.2014. http://xerma.blogspot.com/2014/01/pengertian-saluran-pemasaran -dan-jenis.html.(Diakses 31 Oktober 2019).

Widiastuti, N. 2013.Tataniaga Jagung di Kabupaten Grobogan.Tesis Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v10i2.5792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License