Aplikasi Bokashi Jerami dan Pupuk SP36 Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Kacang Hijau (Vigna radiata L) pada Tanah Andisol

Mindalisma Mindalisma, Chairani Siregar, Yenni Asbur, Yayuk Purwaningrum

Abstract


Kacang hijau merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki prospek sangat baik dikembangkan di Indonesia. Namun produktivitas yang masih rendah dan lahan budidaya yang terbatas. menyebabkan perlu dilakukan tekhnik budidaya yang tepat diantaranya dengan pemberian pupuk bokashi dan SP36. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon pertumbuhan dan produksi kacang hijau dengan pemberian bokashi jerami padi dan pupuk SP36 pada tanah Andisol Penelitian dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian UISU, Jl. Karya Wisata, Gedung Johor, Medan, Sumatera Utara dengan ketinggian Tempat ±25 m dpl,  dengan topografi datar dari Desember 2021 sampai Maret 2022. Penelitian menggunakan model Rancangan Acak Kelompok Faktorial yang diulang sebanyak tiga kali dengan dosis bokashi jerami padi dan pupuk SP36 sebagai faktor perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian bokashi dan pupuk SP36 mampu meningkatkan pertumbuhan dan produksi kacang hijau terbaik dibandingkan perlakuan lainnya. Interaksi perlakuan terbaik yang menghasilkan pertumbuhan dan produksi kacang hijau tertinggi adalah Interaksi perlakuan J3P3, yaitu pemberian 75 g bokashi/polybag dan 1.5 g SP36/polybag.

Full Text:

PDF

References


Sumber Hidup). Malang (ID): Balai Teknologi Pertanian UPTD Pertanian.

Barus WA. Khair H, Siregar MA. 2014. Respon pertumbuhan dan produksi kacang hijau (Phaseolus radiatus L.) akibat penggunaan pupuk organik cair dan pupuk TSP. Agrium 19(1): 1-11.

Bestari RM, Indrawanis E, Ezward C. 2018. Uji kompos sludge dan pupuk SP36 terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kacang hijau. (Phaseolus radiatus L). Jurnal Pertanian UMSB 2(1) : 28-43.

Hakim N, Nyakpa MY, Lubis AM, Nugroho SG, Diha MA, Go Ban Hong, Bailey HH. 2006. Dasar dasar ilmu tanah. Jakarta (ID): Raja Grafindo persada.

Hardjowigeno, 2003. Peranan Unsur Hara P Terhadap Pembentukan Biji. Jakarta.

JuminHS. 2008. Dasar-Dasar Agonomi. Jakarta (ID): Raja Grafido Persada.

Lakitan. 2005. Fisiologi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman. Jakarta (ID): Raja Grafindo Perkasa.

Lingga P. 2008. Petunjuk penggunaan pupuk. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Marsono, Sigit P. 2001. Pupuk Akar, Jenis dan Aplikasinya. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Misran, Sari W. 2008. Pengaruh tingkat pupuk sp36 terhadap pertumbuhan dan hasil kacang hijau (Vigna radiata L.). Journal Of Agroscience 1(1): 65-69.

Munir. 2003. Kesuburan Tanah. Yogyakarta (ID): Gava Media.

Mustakim, M. 2012. Budidaya Kacang Hijau secara Intensif. Yogyakarta (ID): Pustaka Baru Press.

Mulat T. 2003. Membuat dan Memanfaatkan Kascing: Pupuk Organik Berkualitas. Jakarta (ID): Agromedia Pustaka.

Rinsema WT. 2006. Pupuk Dan Cara Pemupukan (Terjemahan HM Saleh). Jakarta (ID): Bharata Karya Aksara. 235 hlm.

Rosmarkam A, Yuwono NW. 2002. Ilmu Kesuburan Tanah. Jakarta (ID): Kanisius.

Sahri, 2017. Aplikasi pupuk SP36 dan pupuk kandang ayam terhadap ketersediaan dan serapan fosfor serta pertumbuhan tanaman jagung pada Ultisol Kwala Bekala. Jurnal Online Agroekoteknologi 2(3): 1118-1125.

Sarief, S. 2005. Kesuburan dan Pemupukan Tanah Pertanian. Bandung (ID): Pustaka Buana.

Soedarjo. 2000. Teknologi Effective Microorganisme-4. Dimensi Baru dalam Bidang Pertanian Modern. Jakarta (ID): Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (ISPA).

Syofia I, Darmawati JS, Rezeki I. 2017. Respon pertumbuhan dan produksi tanaman kacang hijau (Vigna radiata L.) terhadap pemberian pupuk bokashi jerami padi dan pupuk cair limbah udang. Jurnal Ilmu Pertanian Agrium 21(1): 98-104.

Thabrani A. 2011. Pemanfaatan Kompos Ampas Tahu Untuk Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit. [Skripsi]. Pekanbaru (ID): Fakultas Pertanian UNRI.

Widiyawati I, Harjoso T, Taufik TT. 2016. Aplikasi pupuk organik terhadap hasil kacang hijau (Vigna radiata L.) di Ultisol. Jurnal Kultivasi 15(3): 159-163.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v10i3.6327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License