PENGARUH PENAMBAHAN BIOURIN SAPI DENGAN BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Rut Risana Nasution, Suprihati Suprihati

Abstract


Selada (Lactuca sativa L) merupakan tanaman sayuran dengan prospek yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan pertumbuhan dan produktivitas yang optimal dari selada dibutuhkan konsentrasi pupuk yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi biourin sapi yang tepat sehingga memberikan pertumbuhan dan produktivitas selada yang tinggi. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2019 sampai September 2019 di Kebun Percobaan Salaran Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor yaitu pemberian biourin sapi dalam berbagai konsentrasi dan perlakuan petani umumnya sebagai kontrol. Perlakuan terdiri dari lima taraf, yaitu P0 (urea dan ZA), P1 (urea dan ZA + biourin sapi 50 ml/l), P2 (urea dan ZA + biourin sapi 100 ml/l), P3 (urea dan ZA + biourin sapi 150 ml/l) dan P4 (urea dan ZA + biourin sapi 200 ml/l) dan diulang 5 kali. Dilanjutkan dengan uji BNJ pada selang kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukan perlakuan P3 (urea dan ZA + biourin sapi 150 ml/l) memberikan hasil yang paling tinggi pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, diameter kanopi, luas daun, klorofil, N-total jaringan, berat segar dan berat kering tajuk dibandingkan perlakuan lainnya

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2016. Produksi dan Produktivitas Selada 2010-2015. Diakses melalui http://www.bps.go.id

Bili, V. K., dan Mudji, S. 2018. Pengaruh Aplikasi Biourin Sapi, Kompos Kotoran Sapi dan Penambahan N Anorganik Pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Selada (Lactuca sativa L.). Jurnal Produksi Tanaman, Vol. 6 No. 6, pp. 1087-1095.

Bima, V. Margaretha., Seran, W., dan Mau, A. Elise. 2020. Pengaruh Berbagai Konsentrasi Pupuk Organik Cair (POC) Urin Sapi Terhadap Pertumbuhan Semai Kayu Putih. Jurnal Wana Lestari, Vol. 3 No. 2, pp. 74 -84.

Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Pontianak. 2018. Unsur Hara Kebutuhan Tanaman. Diakses melalui https://pertanian.pontianakkota.go.id/artikel/52-unsur-hara-kebutuhan-tanaman.html.

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Luwu Utara. 2017. Unsur Hara Makro dan Mikro yang dibutuhkan oleh Tanaman. Diakses melalui http://dtphp.luwuutarakab.go.id/berita/3/unsur-hara-makro-dan-mikro-yang-dibutuhkan-oleh-tanaman.html.

Hardjowigeno, S. 2010. Ilmu Tanah. Akademika Pressindo. Jakarta.

Haryadi, D., Husna, Y., dan Sri, Y.2015. Pengaruh Pemberian Beberapa Jenis Pupuk Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Kailan (Brassica alboglabra L.). Jom Faperta, Vol. 2 No. 2.

Makaruku, M.H. 2015. Respon Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) terhadap Pemberian Pupuk Organik. Jurnal Agroforestri X No. 3, pp. 239-246.

Novar, A., Supardjo., A. Meilin., dan Endriani. 2015. Buku Panduan Proses Produksi Bio-urin Plus. Jambi: Tim Peneliti MP3EI Universitas Jambi.

Nugroho, D. B., M. D. Maghfoer., dan N. Herlina. 2017. Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.) Akibat Pemberian Biourin Sapi Dan Kascing. Jurnal Produksi Tanaman Vol. 5 No. 4, pp. 600-607.

Nuraini, Y., dan Rurin, E. Asgianingrum. 2017. Peningkatan Kualitas Biourin Sapi dengan Penambahan Pupuk Hayati dan Molase serta Pengaruhnya terhadap Pertumbuhan dan Produktivitas Pakchoy. J. Hort. Indonesia 8(3), pp 183-191.

Parnata, A. 2010. Meningkatkan Hasil Panen dengan Pupuk Organik. AgroMedia Pustaka. Jakarta.

Putri, A. Harjono. 2017. Pengaruh Berbagai Konsentrasipupuk Organik Cair (POC) Urin Sapi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Bayam Hijau (Amaranthus tricolor L.) (Skripsi). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Biologi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Satria, N., Wardati, W. Dan M. Amrul, K. 2015. Pengaruh Pemberian Kompos Tandan Kosong Kelapa Sawit Dan Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Gaharu (Aquilaria malaccencis). Jom Faperta, Vol. 2 No.1.

Shofyan, Adi. C. 2019. “Cara Membuat Biourin Sapi dan Pengaruh Penggunaan Biourin Sapi Pada Tanaman”. Hasil Wawancara Pribadi : 18 Maret 2019, Universitas Kristen Satya Wacana.

Tuhuteru, Sumiyati. 2018. Efektivitas Hara Makro Dan Mikro Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays L.). Jurnal Agroekotek, Vol. 10 No.1, pp. 65-73.

Wati, Y. Trisusiyo, E. E. Nurlaelih, dan M. Santosa. 2014. Pengaruh Aplikasi Biourin Pada Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.). Jurnal Produksi Tanaman, Vol. 02, No. 08, pp. 613-619.

Yuliarta, B., Mudji. S, dan YB. Suwasono. Heddy. 2014. Pengaruh Biourine Sapi Dan Berbagai Dosis Pupuk Npk Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Selada Krop (Lactuca sativa L.). Jurnal Produksi Tanaman Vol. 1 No. 6, pp. 522-531




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v10i3.6329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License