KEPUASAN DAN PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGELOLAAN WISATA BUDAYA “DESA MENARI” DI DUSUN TANON KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Hestiyati Devi, Tinjung Mary Prihtanti

Abstract


Salah satu desa pariwisata di Kabupaten Semarang yang dijuluki Desa Wisata Menari mengembangkan potensi dengan mengelola beberapa program wisata. Pengelolaan program di Desa Wisata Menari diperlukan adanya modal sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengambilan sampel purposive sampling sebanyak 30 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan metode Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian ini menggunakan 8 atribut yakni kepercayaan terhadap pengurus program, kepercayaan terhadap pengurus, kepercayaan terhadap keyakinan dan elemen masyarakat umum maupun perangkat desa, kepercayaan terhadap sistem pengelolaan dalam program, norma berupa aturan tertulis ditunjukkan kepada masyarkat, norma pengelolaan dan pemanfaatan hasil program desa, norma budaya terhadap sikap perilaku serta nilai-nilai tradisi yang terkait dalam pengelolaan program Desa Menari, jejaring relasi pihak pengurus Desa Menari, jejaring relasi pihak masyarakat dan pemerintah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat kepuasan responden terhadap program Desa Menari sebesar 88,57%, yang menunjukkan secara keseluruhan responden merasa puas dengan program Desa Menari

Full Text:

PDF

References


Guswanto B, Gumilar I, dan Hamdani H. 2012. Analisis Indeks Kinerja Pengelola dan Indeks Kepuasan Pengguna di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta. Jurnal Perikanan dan Kelautan Vol.3 No. 4 ISSN : 2088-3137. Universitas Padjajaran Bandung.

Irawan, H. 2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Rangkuti, F 2003. Measuring Customer Satisfaction: teknik Mengukur & Strategi Menguatkan Kepuasan Pelanggan Edisi I. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rizkianto, N., dan Topowijono., 2018. Jurnal Penerapan Konsep Community Based Tourism Dalam Pengelolaan Daya Tarik Wisata Berkelanjutan (Studi Pada Desa Wisata Bangun, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(2), 20–26.

Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2010.Statistika untuk Penelitian Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta: Bandung : Alfabeta.

Sukirman, O., 2017. Apakah Anggaran Pemasaran Pariwisata Pemerintah Efektif dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan? (Studi Kasus di Indonesia Tahun 2011-2016). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 7(2), 121–128.

Novytha, T. (2019). Peranan Modal Sosial Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Pra Sejahtera Di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v10i3.6332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License