Analisis Pengaruh Luas Panen, Harga Jual dan Produktivitas Terhadap Jumlah Produksi Cabai Merah (Capsicum annum L.) di Indonesia Tahun 1999-2019

Isnirobit Isnirobit

Abstract


Cabai merupakan salah satu jenis sayuran komersial yang sejak lama telah di budidayakan di Indonesia dan merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mendapat perhatian lebih untuk dikembangkan. Pada tahun 2016 total konsumsi cabai diperkirakan akan naik menjadi 2,90 kg/kapita, tahun 2017 (2,95 kg/kapita), tahun 2018 (3,00 kg/kapita) dan tahun 2019 (3,05 kg/kapita). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat faktor mana yang berpengaruh terhadap produksi cabai di Indonesia agar dapat meningkatkan kebijakan dalam program pengembangan kegiatan pertanian cabai di Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan peneletian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan penelitian ini dilaksanakan di negara Indoneisa. Jenis data penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah berupa data sekunder. Yang di ambli dari Outlook Kementerian Pertanian dari tahun 1999-2019 dan dari dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa luas panen cabai merah berpengaruh signifikan terhadap produksi cabai merah di Indonesia, artinya luas panen berdistribusi normal, produksi cabai merah di Indonesia 98,50% dipengaruhi oleh luas panen (X1), produktivitas (X2) dan harga jual (X3) sisanya sebesar 1,50% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang Afrianto, Denny. 2010. Analisis Pengaruh Stok Beras, Luas Panen, Rata-Rata Produksi, Harga Beras, dan Jumlah Konsumsi Beras Terhadap Ketahanan Pangan di Jawa Tengah.

Assauri, Sofyan. 2004. Manajeman Produksi Dan Operasi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indanesia, Jakarta

Badan Pusat Statistik, Sumatera Utara dalam Angka Tahun 2015

Creswell, John W, 2014, Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Darmadji, T. dan H. M. Fakhruddin. 2011. Pasar Modal Indonesia. Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.

Gitosudarmo, Indriyo. 2014. Manajemen Operasi. BPFE Yogyakarta. Yogyakarta.

Kartasapoetra, A.G. (1988). Pengantar Ekonomi Produksi Pertanian. Bina Aksara. Jakarta.

Lupi yoadi dan Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Outlook Cabai (2020) Komunitas Pertanian Subsektor Hortikultura, darihttp://epublikasi.setjen.pertanian.go.id/

Rizki, Ayu. 2020. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen pada Go-Pay di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara. Medan

Ashari, Saptana, dan Tri Bastuti Purwantini. 2012. Potensi Dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Forum Penelitian Agro Ekonomi. Volume 30 No. 1 Juli 2012: Hal 13-30.

Setiadi, 2005, Bertanam Cabai, Penebar Swadaya. Jakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suci hati ningsih DWP. (2013). Metode Analisis Efisiensi Produksi dan Pengambilan Keputusan Bidang Ekonomi Pertanian. UNNES PRESS.

Suprianto.Damanik (2015). Analisis Keterkaitan Ketahanan Pangan Dengan Kemiskinan Berdasarkan Implementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia. Skripsi.Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Ummah, 2011. Kiat Sukses Budidaya Cabai Keriting. Bio Genesis. Yogyakarta.

Yanuarti,A.R. 2016. Profil Komoditas Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Komoditas Cabai. Kementerian Perdagangan. Jakarta.

Tonny Hendra Nadeak . 2018. Pengaruh Produksi Cabai Merah (Capsicum Annum L.) Terhadap Harga Penjualan Di Tingkat Petani. Diakses Melalui Serial Online (Https://Kohesi.Sciencemakarioz.Org/Index.Php/Jik/Article/Download/227/227). Diakses Pada Tanggal 05 Oktober 2022. Medan




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v10i3.6648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License