REDESIGN LANDSCAPE TAMAN SITUS PENINGGALAN PURBAKALA DESA PUGUNG RAHARJO, LAMPUNG TIMUR SEBAGAI TAMAN EDUKASI

Bagas Yanu Prayoga, Nugraheni Widyawati

Abstract


Taman situs peninggalan purbakala Pugung Raharjo merupakan salah satu situs destinasi wisata yang ada  di Kabupaten Lampung Timur, Lampung. Sebagian banyak pengunjung taman situs peninggalan purbakala ini merupakan pelajar yang terdiri dari pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Mahasiswa dan Orang Tua. Sehingga taman situs peninggalan purbakala ini sangat cocok untuk dilakukan perbaikan atau redesign dan kemudian dijadikan sebagai taman edukasi bagi para pengunjungnya. Edukasi yang dimaksudkan yaitu, pengunjung dapat mengetahui zaman megalitikum serta peradapan pergantian zaman, dimulai dari zaman megalitikum  hingga  zaman modern pada saat ini, sehingga pengunjung dapat mengetahui perbedaan yang nyata yang telah dialami dari zaman kezaman, dimulai dari tradisi yang dipakai, bahasa yang dipakai dan teknologi yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi presepsi dari pengunjung taman situs purbakala dalam fungsi estetika, fungsi sosial dan fungsi edukasi, serta memberikan rekomendasi design landscape edukasi dari analisis presepsi pengunjung terhadap taman situs peninggalan purbakala guna menjadi taman edukasi bersejarah.

Full Text:

PDF

References


Bambang, B.S. 2009. Pengantar Arsitektur Pertamanan. Materi Semester Genap.

Hakim, R. Dan Utomo, H. 2008. Komponen dan Perancangan Arsitektur Lansekap. Bumi Aksara. Jakarta.

Hapsari, B.A.E. 2008. Perencanaan Lanskap Bagi Pengembangan Agrowisata di Kawasan Agropolitan Merapi-Merbabu Kabupaten Magelang (skripsi). Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Harvey, RR dan S.Buggey. 1988. Pemandangan Bersejarah. Bagian 630 (33p). Di CW Harris dan NT Dines (eds). Standar Penghemat Waktu untuk Arsitektur Lanskap. McGraw-Hill Book Co., New York.

Hasim.I.S dkk. 2015. Rancangan Elemen, Sistem Sirkulasi, dan Tata Hijau Lanskap Pada Lahan Kontur di Hotel Padma Badung. Jurnal Reka Karsa. Vol. 3. No. 1.

Irfan, A.P. 2016. Redesign Taman Kota Tegar Beriman Kabupaten Bogor Melalui Pendekatan Urban Landscape Design (skripsi). Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Keni, R. 2007. Perancangan Lanskap Jalan Utama Kawasan Pemukiman Argenia, Sentul City (skripsi). Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Laurie. 1986. Pengantar Arsitektur Pertamanan (Terjemahan). Intermedia: Bandung.

Mario, D. 2014. Perencanaan Lanskap Pulau Lelei Sebagai Area Penyambutan Kawasan Wisata Bahari Kepulauan Guraici Maluku Utara (skripsi). Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Nurisjah, S. dan Pramukanto, Q. 1995. Penuntun Praktikum Perencanan Lanskap. PS Arsitektur Pertamanan. Jurusan Budidaya Pertanian. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.

Tirtawinata, M.R. Dan Fachrudin, L. 1999. Daya Tarik dan Pengelolaan Agrowisata. 77 hal.

Undang–Undang No. 11 Tahun 2010. Tentang Peraturan Cagar Budaya. https://search.hukumonline.com/search/all?q=uu+no.11+tahun+2010.Diakses pada tanggal 09 Oktober 2020 18.25 Wib.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v11i1.7470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License