Karakteristik Fisik dan Kimia Serta Uji Organoleptik Serbuk Instan Kecombrang (Etlingera elatior)

Astri Febrianni, Vika Yudistina, Diah Mustika Lukitasari

Abstract


Kecombrang (Etlingera elatior) merupakan tumbuhan yang tersebar cukup luas di Indonesia. Tumbuhan ini digunakan sebagai bahan pangan dan juga digunakan untuk pengobatan. Saat ini, pemanfaatan sumber daya hayati tumbuhan sebagai obat-obatan alami banyak dikembangkan. Kecombrang bagi sebagian orang mungkin kurang dikenal. Tanaman ini mirip bunga hias dan beraroma harum segar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: bagaimana sifat fisik dan kimia  tanaman kecombrang dalam pembuatan serbuk instan, dan bagaimana hasil uji organoleptik serbuk instan kecombrang. Produk pangan instan adalah salah satu produk pangan yang mudah untuk disajikan atau dikonsumsi dalam waktu yang relatif singkat, contohnya seperti minuman serbuk instan. Minuman serbuk instan memiliki beberapa kriteria untuk menghasilkan mutu yang baik., antara lain memiliki rasa, aroma, warna, dan kenampakan yang sebanding dengan produk segar, memiliki karakteristik nutrisi

serta stabilitas penyimpanan yang baik. penelitian ini bertujuan: Melakukan pembuatan minuman serbuk dari berbagai bagian tanaman kecombrang, Ingin mengetahui karakteristrik fisik serbuk instan kecombrang dan Ingin mengetahui hasil uji organoleptik serbuk instan kecombrang. Penelitian ini dilaksanakan di workshop dan laboratorium  teknologi pengolahan hasil perkebunan PDD POLNEP Kapuas Hulu. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan september- Desember 2018. Pengujian yang dilakukan terhadap serbuk instan kecombrang meliputi analisis pH, analisis kadar air, analisis rendemen, analisis kadar abu, analisis warna (Kecerahan), analisis kecepatan larut, dan analisis organoleptik (warna, rasa, aroma, tekstur).

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2012. Tinjauan Pustaka Tanaman Kecombrang.

Histirya, A.D.V. 2017. Kualitas Minuman Serbuk Instan Buah Pakel (Mangifera foetida Lour) Dengan Variasi Maltodekstrin. Universitas Admajaya. Yogyakarta.

Https://Www.Researchgate.Net/Publication/257267002_Bubuk_Kecombrang_Nicolaia_Speciosa_Sebagai_Pengawet_Alami_Pada_Bakso_Ikan_Tenggiri [Accessed Aug 15 2018].

Molerman, Dkk. 2014. Pengaruh Penambahan Bunga Kecombrang Terhadap Daya Terima Dan Kandungan Gizi Kerupuk. Universitas Riau. Riau.

Permata, D.A. 2017. Pembuatan Minuman Serbuk Instan Dari Berbagai Bagian Tanaman Meniran (Phyllanthus niruri). Fateta Unand.Padang.

Rifkowaty,E.E Dan Martanto. 2016. Minuman Fungsional Serbuk Instan Jahe (Zingiber officinale Rosc) dengan Variasi Penambahan Ekstrak Bawang Mekah (Eleutherine americana Merr) Sebagai Pewarna Alami. Teknik Pertanian. Lampung.

Rohkyani, I. 2015. Aktivitas Antioksidan Dan Uji Organoleptik Teh Celup Batang Dan Bunga Kecombrang Pada Variasi Suhu Pengeringan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Sukandar, D, Dkk. 2010. Karakterisasi Senyawa Aktif Antibakteri Ekstrak Air Bunga Kecombrang (Etlingera elatior) Sebagai Bahan Pangan Fungsional. Valensi. Jakarta.

Syarif. R.A, Dkk.2017. Rimpang Kecombrang (Etlinggera Elatior Jack ) Sebagai Sumber Fenolik. Universitas Muslim Indonesia. Makasar.

Windiyartono, A, Dkk. 2016. Efektivitas Tepung Bunga Kecombrang (Nicolaia speciosa Horan) Sebagai Pengawet Terhadap Aspek Kimia Daging Ayam Broiler. Universitas Lampung. Lampung




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v11i1.7567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License